Trik Viral Pakai Air Beras, Bisa Bikin Rambut Seperti dari Salon

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 08 Des 2020 14:30 WIB
Perawatan Rambut Air Beras Foto: TikTok
Jakarta -

TikTok belakangan bukan hanya jadi tempat berbagi video lucu. Banyak wanita yang saling menginformasikan trik kecantikan yang mudah dan murah untuk diikuti. Sempat beredar sebuah video yang memperlihatkan bagaimana rambut yang rusak menjadi lembut dan bersinar seperti dari salon. Menggunakan bahan yang murah dan bisa jadi gratis, trik itu pun jadi viral.

Seorang wanita bernama Rebecca membagikan sebuah trik yang dikatakan membuat rambutnya kembali sehat. Awalnya wanita asal Australia itu menunjukkan jika keadaan rambutnya sangat rusak dan kering dan ingin mencoba trik air beras yang sedang viral. Selain air bekas cucian atau rendaman beras, ia pun menggunakan cuka apel untuk disemprotkan ke rambut.

Perawatan Rambut Air BerasPerawatan Rambut Air Beras Foto: TikTok

Rebecca mengatakan jika trik tersebut sudah banyak dicoba orang dan dikatakan berhasil membuat rambut mereka terlihat lebih indah. Yang dilakukannya adalah mengambil beras sekitar dua atau tiga genggam lalu mencucinya. Kemudian beras tersebut dimasukkan ke dalam botol besar dan dimasukkan air hingga 3/4 terisi.

@deebekksta

Kemudian ia mengocok campuran air dan beras tersebut hingga warnanya memutih. Lalu Rebecca mengambil cuka apel dan menuangkannya sedikit ke dalam wadah spray bersama dengan air rendaman beras. Racikan itu pun diaplikasikannya setelah keramas dengan sampo dan kondisioner. Setelah kering, terlihat jika rambutnya seperti selesai perawatan.

"Rambutku terlihat sangat bersinar, sangat lembut. Aku tidak percaya itu," kata wanita itu.

Penggunaan air bekas rendaman atau cucian beras sebagai perawatan rambut sekilas mungkin dirasa kotor pada awalnya. Namun spesial anti-aging bernama Madeline Calfas mengklaim jika trik tersebut sudah lama digunakan di negara-negara Asia.

"Membilas rambut dengan air beras yang dicampur cuka dikatakan bisa menjadi alternatif yang bagus dari kondisioner untuk rambut, bisa memperbaiki rambut kusut, melembutkan, dan menguatkan rambut, membuatnya bersinar, dan mendukung pertumbuhan rambut,"

"Cuka yang digunakan biasanya cuka apel cider dan perannya adalah sebagai penjernih untuk mencegah penumpukan. Walaupun perawatan ini tidak terbukti secara sains, ada banyak bukti anekdot yang memperlihatkan keefektifannya," tutur Madeline dilansir Dailymail.

Perawatan Rambut Air BerasPerawatan Rambut Air Beras Foto: TikTok
(ami/ami)