8 Cara Mengatasi dan Merawat Kulit Kering

Lukita Wardani - wolipop Minggu, 23 Agu 2020 18:02 WIB
Young woman applying face mask at home. Natural Skin Care Routine For Glowing Skin. Cara mengatasi kulit kering. Foto: Getty Images/iStockphoto/dragana991
Jakarta -

Bagaimana cara mengatasi kulit kering? Kulit kering atau xerosis dapat disebabkan oleh banyak hal. Namun pada kebanyakan kasus, kulit kering disebabkan oleh faktor lingkungan yang menghilangkan kelembapan dari kulit.

Cuaca panas, iklim kering, dan sabun yang keras dapat memicu kulit kering. Untungnya, kamu dapat menggunakan pengobatan rumahan untuk mengatasi gejala kulit kering dan mengembalikan kelembabannya.

Cara Mengatasi Kulit Kering

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat emolien yang dapat mengisi ruang di antara sel-sel kulit, menciptakan permukaan yang halus. Itulah mengapa asam lemak jenuh yang terdapat secara alami pada minyak kelapa dapat menghidrasi dan menghaluskan kulit.

Kamu dapat menggunakan minyak kelapa setiap hari bahkan di bagian paling sensitif dari tubuh. Ini termasuk area di bawah mata dan di sekitar mulut. Keunggulan lain dari minyak kelapa adalah kamu tidak perlu mencampurkannya dengan apa pun karena sudah cukup lembut untuk penggunaan sehari-hari.

2. Petroleum Jelly

Menurut studi Trusted Source, produk petroleum jelly dapat menyembuhkan kulit kering pada orang dewasa. Petroleum jelly, juga dikenal sebagai minyak mineral yang mampu menutupi kulit dengan lapisan pelindung. Kandungan petroleum jelly memerangkap kelembapan di bawahnya, sehingga membantu menyembuhkan bercak kulit yang kering dan teriritasi.

3. Oatmeal

Cara mengatasi kulit kering secara alami bisa dengan menggunakan oatmeal. Oatmeal adalah pengobatan tradisional untuk kulit yang teriritasi. Oatmeal memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang meredakan iritasi. Memakai oatmeal juga efektif jika ingin meredakan gatal. Setelah kamu luluran dengan oatmeal di bagian tubuh seperti tangan dan kaki kemudian membersihkannya, jangan lupa gunakan pelembab kembali untuk mengunci kandungan oatmeal ini.

Cara menggunakan oatmeal untuk lulur kulit yang kering bisa dengan menggunakan food processor atau blender. Hancurkan oatmeal hingga halus setelah itu aduk dengan air hangat.

4. Makanan Kaya Antioksidan dan omega-3

Ketika kulit kamu kering, salah satu penyebabnya terpapar unsur-unsur yang merusak sel-sel kulit lebih cepat dari kemampuan tubuh untuk memperbaikinya. Ada beberapa makanan yang dapat membantu memperbaiki kondisi ini sehingga kulit tampak lebih sehat, menurut Mayo Clinic.

Makanan yang kaya antioksidan dapat meminimalkan kerusakan dari racun dan membantu tubuh sehingga membuat sel-sel sehat. Beberapa makanan yang berkontribusi pada kesehatan kulit meliputi: bluberi, tomat, wortel, kacang polong, dan kacang-kacangan lainnya. Selain itu makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon, juga dapat berkontribusi untuk mendapatkann kulit halus dan glowing.

5. Gunakan Sarung Tangan Saat Bersentuhan Dengan Air

Tangan cenderung mengalami kontak paling langsung dengan iritan lingkungan. Ini termasuk sabun cuci piring dan deterjen. Buat kamu yang memiliki kulit sangat kering, biasakan memakai sarung tangan saat tangan kamu bersentuhan dengan air dan deterjen.

Mengenakan sarung tangan berpelindung saat melakukan pekerjaan rumah tangga, atau saat kamu berada di luar ruangan dalam suhu ekstrim dapat mengurangi kulit kering dan teriritasi.

6. Mengatur Suhu Air Saat Mandi

American Academy of Dermatology mencatat bahwa mengatasi kulit kering terkadang sesederhana mengubah rutinitas mandi kamu. Karena sebagian besar orang menyukai mandi dengan air hangat. Terlalu sering mandi air hangat ini dapat menyebabkan kulit kering.

Dan beberapa sabun yang mengklaim dapat melembabkan dan memperbaiki kulit bisa menyebabkan efek sebaliknya. Mereka dapat memicu reaksi alergi dan membuatkulit lebih tipis dengan bahan kimia yang keras. Jadi cari sabun yang bebas pewangi dan lebih lembut di kulit daripada sabun tradisional.

7. Hindari Alergen dan Iritan

Kulit kering yang muncul secara tiba-tiba mungkin terkait dengan pakaian yang kamu kenakan. Duduk di dekat perapian, menghabiskan waktu di air yang mengandung klorin atau yang diolah secara kimiawi, atau bahkan mengenakan pakaian wol dapat membuat kulit iritasi dan terasa kering. Periksa apa yang sudah mengenai kulit kamu, dan coba rawat dengan lembut serta hindari hal-hal yang dapat menyebabkan kulit menjadi kering.

Pastikan untuk mengenakan pakaian katun longgar yang dapat menghilangkan keringat dari kulit saat kamu terpapar suhu tinggi atau kondisi yang menyebabkan iritasi kulit.

8. Pakai Tabir Surya

Cara mengatasi kulit kering termudah adalah dengan rutin menggunakan tabir surya (sunblock) yang melembabkan kulit tubuh maupun wajah. Tabir surya mampu mencegah kerusakan dan kekeringan kulit akibat paparan sinar matahari.

Ingatlah bahwa kulit yang sangat kering bisa menjadi indikasi dari kondisi yang lebih serius. Jika cara mengatasi kulit kering ala rumahan tidak membantu, mungkin kamu perlu konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan.



Simak Video "Kenali Arti Warna-warni Buah dan Sayur"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)