7 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 27 Feb 2020 05:28 WIB
makanan pencegah kulit kering Cara Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas / Foto: Thinkstock
Jakarta -

Memiliki kulit yang terlalu kering bisa menimbulkan beberapa permasalahan kulit, salah satunya adalah kulit terkelupas. Kulit yang terkelupas bisa menyebabkan rasa perih, gatal, dan membuatmu merasa tidak nyaman. Selain pada wajah, masalah kulit kering juga bisa terjadi pada tangan dan kaki. Faktor-faktor penyebab kulit kering dan mengelupas sendiri cukup banyak. Bisa akibat kosmetik, dampak setelah memakai cream, atau faktor lingkungan. Untuk mengatasinya, kamu bisa memilih menggunakan obat atau dengan bahan alami. Berikut ini beberapa cara mengatasi kulit kering dan mengelupas:

1. Jangan Mandi Terlalu Lama

Cara mengatasi kulit kering dan mengelupas yang pertama adalah dengan tidak berlama-lama menghabiskan waktumu untuk membasahi tubuh atau berendam di dalam air. Terlalu lama berada di dalam air dapat membuat kulit semakin kering dan mengelupas. Cobalah untuk mandi atau berendam tidak lebih dari 10 menit. Selain itu, kamu juga tidak perlu terlalu sering mandi, cukup 2 kali sehari, saat pagi hari dan setelah melakukan aktivitas yang membuatmu berkeringat.

2. Hindari Mandi Air Panas

Cara Mengatasi Kulit Kering dan MengelupasFoto: iStock/Cara Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas

Cara mengatasi kulit kering dan mengelupas yang kedua adalah dengan menghindari mandi air panas. Air panas dapat menyerap kelembaban kulitmu sehingga pada akhirnya kulit akan menjadi kering dan mengelupas. Oleh karena itu hindari mandi atau berendam air panas jika kamu tidak ingin kulitmu semakin kering.

3. Segera Gunakan Pelembap Sehabis Mandi

Cara mengatasi kulit kering yang ketiga adalah dengan menggunakan pelembab sehabis mandi. Kamu bisa menggunakan pelembap yang memang diformulasikan untuk kulit kering dan mengelupas. Kamu bisa memakai pelembap pada kulit wajah dan juga tangan saat kulit masih dalam keadaan basah. Hal ini dipercaya lebih efektif karena kulit yang basah lebih mudah menyerap dibandingkan kulit yang kering. Jadi setelah mandi kamu tidak perlu mengeringkan kulit hingga benar-benar kering.

4. Gunakan Produk yang Tidak Mengandung Pewangi

Cara Mengatasi Kulit Kering dan MengelupasFoto: iStock/Cara Mengatasi Kulit Kering dan Mengelupas

Cara mengatasi kulit kering yang keempat adalah dengan tidak menggunakan produk-produk yang mengandung pewangi. Wewangian, pewarna, dan bahan-bahan kimia lainnya yang biasanya ditambahkan pada produk sabun, scrub, dan lotion akan membuat kulit semakin kering. Oleh karena itu, pilihlah produk perawatan kulit yang lembut dan bebas pewangi agar kulit menjadi lebih sehat dan tidak kering.

5. Rutin Menggunakan Masker Wajah

Cara mengatasi kulit kering yang kelima adalah dengan rutin menggunakan masker wajah. Jika kamu merasa memiliki kulit wajah yang kering dan mengelupas maka kamu bisa menyiasatinya dengan rutin menggunakan masker wajah. Masker wajah akan membantu memberikan kelembapan pada kulit wajah. Kamu bisa mencari masker wajah, seperti sheet mask, yang memang diformulasikan untuk melembabkan kulit kering.

6. Konsumsi Vitamin untuk Kulit

Cara Mengatasi Kulit Kering dan MengelupasFoto: iStock

Cara mengatasi kulit kering yang keenam adalah dengan mengonsumsi vitamin tambahan untuk kulit, seperti, kolagen. Selain dengan melakukan perawatan dari luar, kulit juga perlu dirawat dan dijaga kelembapannya dari dalam. Untuk menjaga kelembapannya dari dalam, kamu bisa dengan banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Namun jika dirasa hal itu belum cukup maka kamu bisa menambahkannya dengan mengonsumsi vitamin untuk kulit.

7. Banyak Minum Air Putih

Cara mengatasi kulit kering yang terakhir adalah dengan banyak minum air putih. Air putih dikenal memiliki efek yang sangat baik bagi tubuh. Selain dapat membuat tubuh lebih sehat, banyak minum air putih juga bisa membuat kulit terhindar dari dehidrasi atau kekeringan. Minumlah air putih sesuai takaran yang dianjurkan, minimal 8 gelas sehari.

Itulah 7 cara mengatasi kulit kering dan mengelupas yang sangat mudah dan dapat kamu praktikkan sendiri di rumah. Semoga cara mengatasi kulit kering dan mengelupas ini bisa bermanfaat positif pada kulitmu dan selamat mencoba!



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)