Influencer Dihujat, Ungkap Fakta Mengejutkan Produk Skincare Promosinya

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 03 Jul 2020 17:42 WIB
Susan Yara Susan Yara / Foto: Instagram
Jakarta -

Susan Yara adalah seorang influencer kecantikan yang sering memberikan ulasan mengenai produk-produk perawatan kulit. Namun belakangan ini dia mendapat banyak kecaman dari para fansnya setelah fakta mengenai produk skincare yang diulasnya terungkap.

Sebelumnya wanita yang memiliki pengikut Youtube dan Instagram hampir sebanyak 2 juta orang itu sejak April terlihat sering mempromosikan sebuah produk skincare. Produk skincare dari merek baru bernama Naturium itu diakui oleh Susan sangatlah bagus.

Bahkan pada bulan April, Susan sempat menuliskan unggahan di akun Facebooknya. Dalam unggahan tersebut Susan terlihat membandingkan produk skincare Naturium, yang dipromosikannya, dengan merek The Ordinary.

Susan YaraSusan Yara Foto: Youtube

"Penggemar The Ordinary? Saya menemukan produk lebih baik bernama Naturium. Tidak murah, tetapi tetap masih sangat terjangkau dan formulanya lebih unggul. Salah satu masalah terbesar saya dengan produk TO adalah rasa setelah pemakaian dan tekstur. Produk selalu terasa lengket, berminyak, atau berat. Produk-produk Naturium memiliki bahan-bahan berkualitas tinggi dan terasa lebih enak di kulit," tulis Susan di Facebooknya yang kemudian kembali diunggah oleh YouTuber Kenna.

Dalam tangkapan layar yang kembali diunggah oleh YouTuber Kenna itu juga terlihat bahwa Susan mengatakan jika produk skincare Naturium itu dikirimkan oleh pihak Naturium ke rumahnya. Susan juga menawarkan kode diskon bagi orang-orang yang ingin mencoba dan membelinya.

Masalahnya, produk Naturium itu ternyata merupakan merek milik Susan Yara sendiri. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Susan melalui video Youtube yang diunggahnya sekitar seminggu yang lalu. Dalam video tersebut Susan mengungkapkan alasan dirinya tidak mengatakan sebelumnya bahwa produk tersebut adalah produk miliknya sendiri.

[Gambas:Youtube]



Susan mengatakan jika dirinya tidak ingin orang-orang menganggap produk tersebut sebagai merek dari seorang influencer karena dia ingin mendapatkan ulasan jujur dari masyarakat mengenai produknya. Susan juga mengungkapkan permintaan maafnya karena tidak mengungkapkan kebenarannya dari awal. Menurutnya saat itu waktunya kurang tepat. Namun sayang para fansnya sudah terlanjur kecewa dan menghujani Susan dengan komentar pedas.

"Jujur saja itu benar-benar menyebalkan karena apa gunanya mengandalkan influencer untuk jujur tentang merek yang mereka dukung dan cintai ketika mereka hanya akan berbalik dan sama curangnya dengan perusahaan besar itu. Citra-Nya selamanya ternoda dan saya muak dengan orang-orang seperti dia," tulis salah satu komentar di Twitter.

"Saya kehilangan rasa hormat pada Susan Yara baik sebagai pecinta perawatan kulit maupun sebagai seseorang yang bekerja di bidang pemasaran. Saya tahu dia berusaha menjadi pandai mendapatkan umpan balik yang tidak memihak, tetapi ada aturan dan peraturan yang harus kita semua ikuti dan ini sepertinya sedikit curang," komentar lainnya.

Melihat banyak komentar pedas tertuju padanya, Susan kemudian membuat sebuah video khusus permintaan maaf di Youtubenya. Dia mengatakan bahwa dia baru menjadi pendiri resmi dari Naturium sekitar beberapa minggu yang lalu.

"Pertama kali yang saya ingin katakan adalah saya sangat, sangat meminta maaf atas segala macam kekecewaan, untuk kesedihan yang mungkin kamu rasakan, untuk segala macam ketidakpercayaan yang kamu miliki untuk saya," jelas Susan.



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)