3 Cara Kosmetik Lokal Hadapi Persaingan dengan Makeup Import

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 01 Jul 2020 15:31 WIB
Anita Loeki Foto: iStock/3 Cara Kosmetik Lokal Hadapi Persaingan dengan Makeup Import
Jakarta -

Anita Loeki adalah putri dari Ponedi Loeki, pengusaha kosmetik PT. Continental Cosmetics. Anita yang sebelumnya berkuliah di Amerika selama 15 tahun, pada 2009 telah kembali ke Indonesia untuk melanjutkan perusahaan keluarganya. Setelah terjun ke perusahaan keluarganya itu, dia bersama sang suami, Widy Susindra, menciptakan sebuah merek kecantikannya sendiri yang bernama Mineral Botanica. Hingga saat ini, merek kecantikannya itu masih laris dan banyak diminati di pasaran.

Melalui acara bertajuk Beauty Business-Innovation Through Generation yang diselenggarakan oleh Female Daily via Zoom pada 27 Juni 2020, Anita Loeki membagikan 3 kunci utamanya untuk membangun bisnis yang tahan lama dan berkelanjutan meski menghadapi persaingan dengan berbagai brand makeup import. Berikut ini 3 tipsnya:

1. Fondasi
Menurut Anita Loeki, fondasi adalah hal yang paling penting untuk membangun sebuah bisnis. Sama seperti membangun sebuah rumah, jika dalam membangun bisnis fondasinya tidak kuat, maka jika diterpa badai, rumah atau bisnis tersebut akan hancur.

"Di dalam fondasi itu ada yang namanya management, ada operation. Itu juga penting, karena dari operation kita harus bisa mempunyai work flow. Supaya workflow itu bisa berjalan dengan lancar, jadi sampai kepada outputnya kita gitu loh," jelas Anita Loeki.

Anita juga menambahkan bahwa selain itu, penting juga untuk memiliki struktur dari perusahaan yang akan dijalankan. Hal itu bertujuan untuk mempermudah kinerja, sehingga kita bisa mengetahui level kita ada dimana dan harus memberikan laporan kepada siapa.

Anita LoekiAnita Loeki, pendiri Mineral Botanica. Foto: Instagram @anitaloeki

"Poin saya yang ketiga, under fondasi ini menurut saya adalah poin yang penting, yaitu team. My people, my team. Kalau kita punya manajemen, struktur yang bagus tapi nggak ada orangnya kan juga nggak akan jalan juga," jelas Anita.

2. Adaptasi
Anita menjelaskan bahwa sebelum ikut terjun ke perusahaan keluarganya, hanya ayahnyalah yang memimpin. Ayahnya itu memiliki banyak karyawan, namun tidak dengan tim, sehingga semua urusan akan dilaporkan kepada ayahnya. Namun setelah beradaptasi, saat ini kebijakan dari perusahaan tersebut pun berubah.

"Kita harusnya beradaptasi karena zaman sekarang kita harusnya mempunyai tim. Tetep sih saya dan suami yang make decision, tapi we really need team," jelas Anita.

Tidak hanya itu saja, Anita juga menyarankan untuk melakukan adaptasi dari segi marketing. Jika sebelumnya strategi marketing atau pemasaran hanya menggunakan brosur, flyer, radio, tetapi di zaman sekarang, kita bisa menggunakan media sosial dan blogger.

"Memang bagi saya itu agak susah sih waktu ngomong. Saya dan suami saya ngomong ke orangtua saya megenai blogger. Aapa itu blogger? Kita kirim package ke mereka revieew itu kita harus bayar. Jadi memang tidak mudah untuk beradaptasi karena mereka sudah biasa dengan hal itu, sehingga agak sedikit challenging juga bagi saya ketika harus membuat mereka beradaptasi ke hal yang baru," jelas Anita.

Anita sendiri mengaku awalnya dirinya pernah meremehkan kekuatan dari influencer dan blogger. Tapi setelah dirinya mencoba bekerja sama, ternyata hasilnya di luar dugaannya. Produk-produk Mineral Botanica miliknya pun laris manis hingga habis hanya dalam waktu satu minggu saja.

3. Inovasi
Anita menjelaskan bahwa Mineral Botanica lahir dari inovasi PT. Continental Cosmetics. Awalnya dirinya juga merasa ragu, namun ternyata setelah merilis Mineral Botanica, merek dagang tersebut justru lebih banyak memiliki potensi konsumen.

"Waktu itu, waktu kita mulai brand kita, memang inovasi kita sangat cepat sekali ya. Setiap kali saya dan suami habis melihat produk korea, kita langsung kerjain jadi kita sudah punya. Tapi at the time, karena bisnis kita grew so fast mungkin tim saya masih belum siap. Jadi kita tetep harus balik ke poin saya yang pertama, yaitu fondasi," jelas Anita.



Simak Video "Tips Sukses Bisnis Jeans ala Oldblue Co"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)