Siasat Makeup Artist Bubah Alfian Hadapi Menurunnya Job karena Corona

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 07 Jun 2020 15:05 WIB
Watson Bubah Alfian Makeup artist Bubah Alfian (Foto: Vina Oktiani/Wolipop)
Jakarta -

Makeup artist Bubah Alfian yang memulai karier sejak 2006 ini mengaku tawaran pekerjaan di masa pandemi Corona ini jauh berkurang. Meski demikian Bubah tak patah arang. Dia pun menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan mulai dari berolahraga hingga membuka kelas makeup secara online.

Bubah menceritakan dirinya terakhir menerima tawaran pekerjaan makeup pada 18 Maret 2020. Setelah itu, dia menghabiskan waktu di Lampung.

"Selain itu saya belum ambil job di Jakarta, hanya ada beberapa makeup class online dan memberikan tutorial saat Live Instagram dengan beberapa brand makeup," kata Bubah yang pernah mendapatkan kesempatan untuk menjadi makeup artist di ajang America's Next Top Model Season 20.

[Gambas:Instagram]





Bubah Alfian menambahkan selama pandemi Corona dirinya memperbanyak membuat kelas makeup online. Kelas makeup yang diadakannya juga tidak terlalu besar seperti biasanya dan biayanya pun terajangkau.

"Biasanya tarifnya Rp 3-5 juta, sekarang Rp 150.000 per orang dan saya juga bekerja sama beberapa brand. Sebagian pendapatannya juga ada yang didonasikan. Dan saya mungkin ke depannya akan jualan apa gitu kalau kerjaan belum sebanyak biasanya. Karena tuntutan hidup lumayan juga kalau sudah balik ke Jakarta," tuturnya.

Selain mengadakan kelas makeup online, Bubah kerap melakukan Instagram Live bersama artis. Selebriti yang diajaknya berkolaborasi adalah mereka yang bisa berbagi inspirasi di tengah pandemi.



"Saya Live di Instagram dengan teman-teman untuk menginspirasi karena sekarang bingung pada mau kerja apa dan saya juga memberikan tips-tips mengisi kekosongan waktu kala pandemi," jelas makeup artist 34 tahun itu.

Merasa banyak makeup artist yang senasib dengannya, Bubah pun menyampaikan pesan semangatnya untuk sesama rekan MUA. "Stay safe, jaga kebersihan, minum vitamin, berpikir positif, tetap berkreasi karena seorang MUA itu kan seniman, pasti punya kreatifitas tinggi banget. Jadi apa yang menurut kalian bisa mendapatkan penghasilan lain selain MUA, mungkin bisa bikin konten Youtube, dengan belajar juga, mengasah kemampuan makeup dan mungkin bisa belajar masak, siapa tahu bisa jualan makanan," pungkasnya.



Simak Video "Itang Yunasz Rancang 'Baju New Normal' yang Gampang Dicuci"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)