4 Manfaat Kecantikan Lendir Siput, Memudarkan Garis Halus hingga Jerawat

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 04 Jun 2020 18:31 WIB
facial siput Foto: Getty Images/iStockphoto/Aleksandr Tannagashev
Jakarta -

Seorang wanita viral di TikTok setelah memperlihatkan perawatan kecantikan anehnya, yakni menempelkan siput di wajah. Sejak zaman dahulu kala perawatan kecantikan dengan siput ternyata memang sudah ada. Siput yang menghasilkan lendir memiliki banyak manfaat kecantikan.

Tapi tentu saja akan lebih baik jika lendir siput sudah dijadikan ekstrak karena pasti akan lebih aman untuk kulit wajah. Sejumlah brand kecantikan Korea Selatan merilis skincare dengan kandungan ekstrak lendir siput. Dari Some By Mi, Cosrx, hingga Missha.


Ekstrak lendir siput bermanfaat untuk melembapkan, menenangkan kulit wajah, hingga memudarkan jerawat. Inilah sejumlah manfaat kecantikan lendir siput.

1. Melembapkan Kulit
Dr. Joshua Zeichner, direktur kosmetik dan klinis untuk Mount Sinai Hospital menjelaskan bahwa lendir siput kaya akan kandungan yang bekerja untuk melembapkan kulit.

"Kaya akan kandungan hyaluronic acid yang merupakan bahan untuk meningkatkan hidrasi hingga lapisan kulit terluar," ujar Dr. Joshua, seperti dikutip dari The Ringer.

2. Memudarkan Garis Halus
Kandungan lendir siput juga sebagai antiaging. Hal tersebut bahkan ditunjukkan lewat sejumlah penelitian yang membuktikan manfaat siput untuk kekencangan wajah.

"Faktanya, ada sebuah data yang menunjukkan bahwa krim yang mengandung lendir siput sebenarnya dapat membantu memperbaiki penampilan garis halus, kerutan, dan kerusakan kulit akibat sinar matahari," ungkap Dr. Joshua.


3. Menyembuhkan Jerawat
Siput juga diyakini memiliki properti yang dapat menyembuhkan jerawat, dan luka lebih cepat, "Kemampuan untuk menstimulasi kolagen dan dapat kemampuan menyembuhkan luka," ucap Dr. Joshua.

4. Mencerahkan Wajah
Lendir siput mengandung ASA, AHA dan glikolat yang bekerja untuk mengeskfoliasi kulit. Tak hanya membuat kulit jadi lebih sehat, namun juga memiliki efek mencerahkan.



Simak Video "Viral Wanita Perawatan dengan Siput di TikTok, Ini Manfaatnya"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)