5 Bahan Aktif dalam Produk Skincare yang Ampuh Menghilangkan Jerawat

Hestianingsih - wolipop Jumat, 29 Mei 2020 13:59 WIB
Portrait of teen girl touching her face and looking for acne on blue background Ilustrasi wanita berjerawat. Foto: iStock
Jakarta -

Banyak produk skincare dengan bahan-bahan aktif untuk menghilangkan jerawat yang dijual di pasaran. Bentuknya pun bermacam-macam, mulai dari toner, krim, losion sampai gel.

Bahan aktif apa saja yang umum terkandung dalam produk skincare pembasmi jerawat? Sedikitnya ada lima bahan skincare yang terbukti secara ilmiah bisa bantu menghilangkan jerawat. Kamu bisa pilih yang sekiranya paling cocok dengan kondisi kulit dan jenis jerawat.

Ini dia bahan-bahan aktif skincare untuk kulit berjerawat.

1. Benzoyl Peroxide

Seperti dikutip dari Mayo Clinic, benzoyl peroxide bisa membunuh bakteri penyebab jerawat, membantu mengurangi minyak berlebih dan menghilangkan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Produk yang dijual di pasaran biasanya mengandung 2,5 sampai 10 persen benzoyl peroxide. Bahan ini merupakan salah satu yang paling efektif dan cepat menyembuhkan jerawat meradang. Namun efek sampingnya bisa menyebabkan kulit kering, kemerahan, sampai sensasi gatal dan perih untuk pemilik kulit sensitif.


2. Salicylic Acid

Bahan aktif satu ini bekerja menghilangkan jerawat dengan mencegah penyumbatan pada pori-pori. Biasanya produk skincare yang dijual bebas mengandung 0,5 sampai 5 persen salicylic acid dan dipakai dengan cara ditotol atau oles pada jerawat. Efek dari pemakaian ini sedikit perih dan gatal, mungkin juga menyebabkan iritasi.

minyak tea treeTea tree oil, salah sat bahan skincare untuk menghilangkan jerawat. Foto: Thinkstock


3. Alpha Hydroxy Acids (AHA)

AHA berfungsi mengelupaskan sel kulit mati sekaligus meredakan peradangan pada kulit berjerawat. Selain itu AHA juga menstimulasi pembentukan sel-sel kulit baru sehingga kulit lebih bersih, halus dan pori-pori tampak mengecil.

Ada dua jenis AHA yang bisa ditemui dalam produk skincare, yakni glycolic acid dan lactic acid. Biasanya berbentuk losion, serum atau toner.

This sauna is full of steam.Benzoyl peroxide, salah satu bahan aktif skincare untuk menghilangkan jerawat. Foto: Thinkstock


4. Sulfur

Sulfur atau belerang merupakan salah satu bahan aktif dalam produk skincare yang telah lama dikenal untuk menghilangkan jerawat. Sulfur berfungsi menghilangkan sel kulit mati, penyumbatan pori-pori dan mengurangi minyak berlebih. Biasanya dijual dalam bentuk sabun wajah, losion atau krim totol jerawat.

5. Tea Tree Oil

Tea tree oil dikenal sebagai bahan alami namun aktif menghilangkan jerawat. Tea tree oil berfungsi sebagai antimikroba, antibakteri dan membantu membersihkan pori-pori dari sumbatan kotoran.

"Tea tree oil telah lama digunakan untuk merawat kulit berjerawat, dan sejumlah studi telah menunjukkan bahwa tea tree oil ini memang efektif. Pada beberapa kasus, sama efektifnya dengan benzoyl peroxide," kata Rachel Winard, pendiri brand kecantikan berbahan alami Soapwalla.



Simak Video "Hobi Naik Gunung, Debi Sagita Tetap Skincare-an saat Mendaki"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)