Wajib Pakai Masker, Ini Tren Makeup New Normal Para Wanita di China

Hestianingsih - wolipop Kamis, 28 Mei 2020 18:02 WIB
Ilustrasi eyeshadow Ilustrasi wanita pakai masker. Foto: iStock
Jakarta -

Menjalani kehidupan new normal dengan virus Corona yang masih terus mewabah, mau tidak mau, kita harus selalu memakai masker atau face shield setiap kali bepergian ke luar rumah. Bagi para wanita yang hobi makeup, kenormalan yang baru ini bisa jadi membuat mereka merasa sia-sia berdandan, toh riasan juga tak akan terlihat di balik masker.

Tapi akan selalu ada cara bagi mereka untuk mengekspresikan diri melalui makeup meskipun sebagian wajah tertutup masker. Kini para fashionista dan beauty enthusiast di China sudah mulai beradaptasi dengan keadaan 'normal yang baru' dan menemukan caranya sendiri untuk tetap memakai makeup dan diperhatikan orang.

Muncul tren di China, wanita lebih fokus memerhatikan riasan mata dan alis, ketimbang lipstik dan foundation. Penjualan produk kosmetik mata pun meningkat drastis.

Woman eye with beautiful makeup and long eyelashes. Mascara BrusIlustrasi wanita memakai maskara. Foto: Thinkstock


China Daily melaporkan bahwa penjualan eyeliner dan eyeshadow meningkat hingga 40 persen di Tmall, online shop anak perusahaan Alibaba Group. Peningkatan itu terjadi di tiga bulan pertama tahun 2020.

Hal sebaliknya terjadi pada penjualan kosmetik untuk wajah dan bibir. Penjualan foundation, cushion, BB cream dan riasan wajah lainnya turun hingga 19 persen. Sementara produk lipstik turun lebih banyak hingga 39 persen.

Neil Wang, konsultan pemasaran dan presiden Frost & Sullivan China mengatakan bahwa kosmetik memang bukan kebutuhan pokok, sehingga memang akan ada penurunan penjualan di tengah pandemi ini. Meskipun tidak bisa dipastikan sampai kapan, pertumbuhan ekonomi di industri kosmetik akan kembali bergairah.

"Setelah penularan ini berakhir, penjualan makeup diperkirakan akan melonjak lagi," tuturnya.

eyeshadow huda beautyIlustrasi wanita memakai eyeshadow. Foto:Kiki Oktaviani/Wolipop


Perusahaan kosmetik L'Oreal juga mengungkapkan hal yang sama. Brand asal Prancis itu menyatakan dalam dua bulan terakhir penjualan makeup mata seperti eyeliner, eyeshadow, maskara dan pensil alis meningkat lebih cepat ketimbang kosmetik lainnya di pasar China.

Popularitas makeup mata di tengah pandemi virus Corona tak terlepas dari pengaruh para makeup artist ternama dan beauty influencer. Alvin Goh, makeup artist asal Hong Kong, menyarankan agar riasan wajah kini lebih difokuskan pada mata saat memakai masker.

"Membingkai wajah itu penting, terutama ketika kita hanya bisa melihat mata," katanya kepada South China Morning Post.

Sementara untuk riasan wajah dia lebih merekomendasikan produk-produk tahan air. Misalnya saja foundation waterproof dan setting spray agar makeup tak mudah luntur.



Simak Video "Ari Izam, Makeup Artist yang Viral Bikin Wajah Nenek-nenek Jadi Remaja"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)