Inilah 3 Masalah Kulit yang Bisa Dialami Walau di Rumah Saja

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 07 Mei 2020 07:01 WIB
Person Foto: iStock
Jakarta -

Tidak pakai makeup dalam beberapa minggu belakangan ini seharusnya bisa membuat kulit menjadi lebih bersih dan flawless, namun kenyataannya hal tersebut tidak berlaku bagi sebagian orang. Malahan, tak sedikit yang mengeluhkan wajah menjadi kering dan gampang jerawatan selama isolasi diri di rumah.

Sejumlah pakar kecantikan menyebut masalah kulit tersebut adalah fenomena 'lockdown skin', di mana ada berbagai masalah kulit yang timbul saat lockdown. Masalah kulit tersebut terjadi karena kebiasaan kurang sehat yang tanpa disadari dilakukan saat karantina selama pandemi.


1. Kulit Kering
Kulit kering selama #dirumahaja bisa jadi karena paparan AC. Belum lagi kurang minum air mineral, terlebih saat ini tengah menjalani puasa Ramadhan. Kondisi lingkungan yang kering, dan kurang minum memicu kulit jadi dehidrasi. Menjaga kulit tetap terhidrai tidak hanya lewat pemakaian skincare saja, namun juga butuh asupan dari dalam.

"Tidak ada alasan lagi, kita bisa minum air saat ini. Kita tidak berada di luar rumah dan punya lebih banyak waktu, jadi minumlah banyak air," saran pakar kesehatan Dr. Rowan Hall-Farrise, seperti dikutip dari Bustle.

Pakar kecantikan Dr Nina Bal juga menyarankan untuk makan sayur dan buah untuk melembapkan kulit. "Makanlah buah dan sayuran segar untuk menutrisi kulit," jelasnya, seperti dikutip dari Metro.

Asian woman cleaning face front of mirror, skin care and cosmetic removal conceptAsian woman cleaning face front of mirror, skin care and cosmetic removal concept Foto: iStock



2. Kulit Kusam
Masalah lain dari 'lockdown skin' adalah kulit kusam. Penyebabnya bisa karena stres, kurang tidur dan makanan yang tidak sehat. Penyebab tersebut bisa membuat kulit jadi kering sehingga terpancar wajah yang tampak kusam.

"Kulit yang dehidrasi pergantian selnya menjadi lebih lambat, yang membuat menumpuknya kulit mati sehingga kulit wajah tampak kusam dan kurang bercahaya," jelas Colette Laxton, pengamat kecantikan dan pendiri The Inkey List.

Solusinya selain banyak minum air mineral, Colette menyarankan untuk rutin menggunakan skincare setiap harinya. Bersihkan wajah, gunakan serum dan moisturizer setiap pagi dan malam. Ia menyarankan untuk memilih serum atau toner yang mengandunghyaluronic acid untuk membersihkan sel kulit mati dan menjaga kelembapan kulit.


3. Jerawat
Salah satu hal yang bisa terjadi karena tidak keluar rumah adalah stres. Stres bisa memicu terjadinya jerawat.

"Stres dan gelisah meningkatkan hormon dalam tubuh yang memicu inflamasi sehingga berpengaruh pada kulit yang jadi tidak sehat. Hal tersebut bisa meningkatnya produksi minyak dan jerawat," ujar Colette.

"Tips terbaikku adalah gunakan penutup jerawat (pimple patches). Produk ini bekerja untuk menyembuhkan jerawat, sekaligus mencegah jerawat tidak tersentuh dari tangan yang bandel karena ingin memegangnya," saran Colette.

Selain karena stres, Dr Nina Bal menjelaskan bahwa jerawat bisa terjadi karena meningkatnya konsumsi gula dan coklat. Ia menyarankan untuk mengganti camilan yang kurang sehat menjadi buah segar atau buah kering.



Simak Video "Menjaga Kulit Tetap Sehat, Gimana Caranya?"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)