Manfaat Kecantikan Berpuasa, Bikin Kulit Lebih Kenyal dan Sembuhkan Jerawat

Kiki Oktaviani - wolipop Selasa, 05 Mei 2020 08:53 WIB
Beauty concept of a young asian woman. Skin care. Body care. Cosmetics. Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks
Jakarta -

Puasa telah diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa berpuasa dapat mengontrol gula darah sehingga memiliki manfaat baik bagi penderita diabetes. Tak hanya kesehatan, puasa ternyata juga memiliki manfaat kecantikan.

Meski terkadang puasa membuat kulit jadi kering, namun di balik itu memiliki banyak manfaat kecantikan. Puasa dipercaya dapat membuat kulit menjadi lebih bersih, kenyal dan bisa sembuhkan jerawat. Ada sejumlah faktor yang mempengaruhinya.


Seperti dikutip Cleversim, puasa memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat dari pencernaan. Hal tersebut memungkinkan tubuh mengeluarkan lebih banyak energi untuk mengatur dan meningkatkan fungsi organ-organ lain seperti hati, ginjal, dan kulit.

Puasa juga membantu tubuh untuk mengeluarkan racun yang berkontribusi pada kondisi kulit tertentu. Selain itu, juga berkontribusi pada proses autofagi.

Autofagi merupakan proses regenerasi alami yang terjadi pada tingkat sel dalam tubuh. Proses tersebut membantu menyingkirkan sel-sel yang lemah atau rusak, termasuk sel pada kulit.


Ketika berpuasa, maka sel pada tubuh meregenerasi yang memperbaiki sel kulit dan membersihkan sel-sel lama sehingga menciptakan penampilan yang lebih baik. Hal tersebut membuat kulit menjadi lebih bersih, dan kenyal.

Berpuasa juga membantu mengurangi inflamasi, yang merupakan salah satu penyebab di balik sejumlah kondisi kulit seperti jerawat. Selain memperbaiki penampilan kulit, puasa juga memberikan efek sehat pada rambut serta kuku.



Simak Video "LDR sama Keluarga, Bikin Hampers Sendiri Yuk! "
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)