Tanda-tanda Kulit Berminyak, Kenali Jenis Wajahmu Yuk

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 25 Feb 2020 17:34 WIB
ilustrasi kulit Tanda-tanda Kulit Berminyak / Foto: iStock
Jakarta -

Apakah kamu salah satu pemilik kulit berminyak? Secara umum, ada empat jenis kulit, yaitu normal, kombinasi, berminyak, dan juga kering. Jenis-jenis kulit yang dimiliki ini tergantung pada gen, hormon, dan juga faktor lingkungan. Misalnya pada suhu yang rendah atau dingin kulit biasanya cenderung akan menjadi lebih kering. Memiliki kulit yang terlalu berminyak atau terlalu kering bisa menyebabkan kulit menjadi sensitif. Kulit yang sensitif akan lebih mudah iritasi dan berjerawat.

Jika kamu masih bingung dengan kondisi kulit yang kamu miliki, maka kamu bisa mengikuti tes untuk mengetahui jenis kulit atau dengan mencari tahu ciri-ciri dari kondisi kult yang kemungkinan besar kamu miliki. Selanjutnya cocokkan ciri-cirinya dengan kondisi kulitmu saat ini. Berikut ini beberapa tanda-tanda kulit berminyak:

1. Mengkilap

Tanda-tanda kulit berminyak yang pertama adalah kulit terlihat mengkilap. Namun kamu perlu membedakan antara kulit yang mengkilap karena glowing atau memang karena minyak. Untuk kulit glowing, saat di lap atau dibersihkan tetap akan terlihat mengkilap. Berbeda dengan kulit berminyak yang justru jika dipegang akan terasa lebih lengket dan jika dibersihkan, kulit tidak akan mengkilap seperti sebelumnya.

2. Pori-pori Terlihat Besar

Tanda-tanda kulit berminyak yang kedua adalah pori-pori terlihat jelas dan besar. Hal ini dikarenakan produksi sebum yang berlebihan pada kulit wajah sehingga pori-pori akan semakin besar.


3. Berjerawat



Ciri-ciri Kulit BerminyakTanda-tanda Kulit Berminyak. Foto: Dok. Thinkstock

Ciri-ciri kulit wajah sensitif dan berminyak yang ketiga adalah wajah mudah berjerawat. Memiliki kulit berminyak juga dapat meningkatkan kemungkinan untuk berjerawat. Hal ini dikarenakan pori-pori besar pada wajah akan membuat bakteri dan kotoran mudah masuk sehingga menyebabkan penyumbatan dan jerawat.


4. Tidak Mudah Keriput


Tanda-tanda kulit berminyak yang keempat adalah kulit wajah tidak mudah keriput. Kadar minyak di wajah mampu menjaga kelembaban kulit sehingga kulit tidak akan kering dan garis-garis halus atau keriput tidak mudah muncul. Ini adalah salah satu kelebihan yang dimiliki oleh orang-orang dengan kulit berminyak.


5. Makeup Mudah Luntur

Ciri-ciri Kulit BerminyakTanda-tanda Kulit Berminyak. Foto: Thinkstock

Tanda-tanda kulit berminyak yang kelima adalah makeup cepat hilang atau mudah luntur. Bagi pemilik kult berminyak, kamu perlu menambahkan langkah khusus sebelum bermakeup jika menginginkan makeup yang digunakan tahan lama. Karena jika tidak, saat kulitmu mulai mengeluarkan minyak maka makeup yang kamu gunakan akan cepat luntur.

6. Wajah Terlihat Kusam

Tanda-tanda kulit berminyak yang terakhir adalah wajah terlihat kusam. Orang-orang yang memiliki kulit berminyak biasanya memiliki wajah yang cenderung kusam karena produksi sebum yang berlebihan. Agar wajah tidak terlihat kusam, kamu bisa melakukan perawatan wajah menggunakan skincare untuk kulit berminyak.

Demikianlah tanda-tanda kulit berminyak yang dapat dengan mudah dilihat dan ditemui. Jadi apakah kamu merasakan ciri-ciri kulit berminyak seperti di atas?




Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)