Cegah Penuaan Dini, Ketahui Manfaat dan Sumber Kolagen Terbaik

Akfa Nasrulhak - wolipop Senin, 24 Feb 2020 15:48 WIB
woman skin trouble. pimple, freckle, spot, wrinkle, saggy. Foto: iStock
Jakarta -

Salah satu cara untuk mencegah penuaan dini yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi asupan yang mengandung kolagen. Kolagen merupakan salah satu protein yang menyusun tubuh dan berperan membuat kulit sehat, kencang, serta awet muda.

Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur menjelaskan kolagen adalah serat protein tak larut yang sangat dibutuhkan tubuh. Zat ini berfungsi penting dalam memperkuat jaringan kulit, tulang, gigi, sendi, ligament, urat, dan pembuluh darah.

"Istilah kolagen berasal dari kata 'kolla' dalam Bahasa Yunani yang berarti lem. Hal ini karena keunikan cara kerja kolagen seperti lem yang memiliki fungsi merekatkan dan menghubungkan berbagai bagian tubuh," jelas dr Muliaman kepada Wolipop baru-baru ini.

dr Muliaman menambahkan, kolagen adalah bagian dari protein yang kaya asam amino. Terdapat berbagai jenis kolagen, salah satunya yang sangat spesifik untuk lapisan dermis kulit agar tetap terbentuk. Semakin banyak dan tebal lapisan kolagen seseorang maka semakin bagus permukaan kulitnya, lembab dan tidak mengkerut atau tetap awet.

Kolagen biasanya diproduksi sendiri oleh tubuh ketika kita mengonsumsi protein dan makanan lain, tapi produksinya hanya terjadi sampai usia 25-30 tahun. Setelah itu, tubuh tidak bisa memproduksinya dan kolagen kulit terus berkurang seiring usia.

Selain itu, kerusakan kolagen juga terjadi akibat paparan radikal bebas, baik yang berasal dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh, seperti polusi, asap rokok, dan sinar ultra violet. Dengan begitu perawatan kulit dari dalam tubuh sangat diperlukan.

Caranya dengan mengonsumsi asupan sumber kolagen sehingga mampu mengembalikan jumlah kolagen yang optimal untuk kesehatan kulit. Kolagen bisa didapatkan dari makanan yang mengandung antioksidan.

"Mengonsumsi makanan yang sehat seperti antioksidan vitamin C, E juga dianjurkan. Buah dan sayuran segar yang kaya vitamin dan mineral serta antioksidan serta protein yang mengandung kolagen biasanya menjadi nutrisi yang diperlukan untuk perawatan kulit," tambahnya.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi Diva Beauty Drink yang dibuat sedemikian rupa dengan kandungan yang membantu mencegah terjadinya penuaan dini. Sebaiknya kolagen Diva Beauty Drink dikonsumsi mulai usia 25 tahun karena produksi kolagen sudah mulai menurun. Diva Beauty Drink mengandung 1.000 mg kolagen aktif yang mudah diserap tubuh sehingga kulit tetap halus, lembap, dan elastis serta membantu mencegah terjadinya pencegahan keriput.

(akn/eny)