Soal Kecantikan, Influencer Lebih Dipercaya Daripada Pakar dan Orangtua

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 22 Jan 2020 08:35 WIB
Foto: iStock
Jakarta - Rahasia kecantikan tak lagi diwariskan secara turun menurun atau dari mulut ke mulut. Semua solusi dari masalah kulit, rambut, atau kuku bisa diketahui dari internet. Tapi bukan Google atau situs tertentu yang paling dipercaya para wanita. Di zaman sekarang, selebgram atau beauty influencer lah yang dijadikan acuan dalam merawat penampilan.

ZAP Beauty Index 2020 yang didapatkan dari survei ribuan responden di Indonesia mengungkap fakta menarik mengenai inspirasi wanita dalam mempercantik penampilan. Dikatakan 77,2% dari mereka menggunakan Instagram, 55 9% memakai YouTube dan 42,3% lainnya memilih beauty blogger sebagai sumber referensi kecantikan.



Dikatakan jika pengaruh beauty influencer cukup besar, terutama untuk generasi X dan Y yang paling banyak pakai media sosial. Mereka bahkan lebih dipercaya dari pada expert. Sedangkan untuk generasi muda, omongan selebgram bisa lebih didengarkan dari pada ibu dan selebriti.

Influencer Astrid Satwika yang hadir dalam acara tersebut menyebutkan alasan mengapa selebgram bisa lebih dipercaya. Menurutnya, selebgram bisa lebih dijangkau dan tidak malu menunjukkan kekurangan mereka.

"Influencer biasanya lebih reachable dari pada artis yang di televisi yang mukanya sudah dipoles oleh makeup artist. Influencer seperti orang biasa yang tidak malu menunjukkan kekurangan mereka sampai akhirnya menemukan treatment yang tepat. Kalau artis (dianggap) sudah cantik dari sananya," kata Astrid saat ZAP Beauty Index 2020 di Veranda Hotel, Kebayoran, Jakarta Selatan, Selasa, (21/1/2020).



Menurut Yosanova Savitry selaku Principal Mark Plus Inc yang bekerja sama dengan ZAP untuk melakukan survei, internet membuat pengetahuan akan kecantikan hampir merata di seluruh Indonesia. Asalkan punya gadget dan internet, semua orang di daerah mana pun dapat mengakses informasi kecantikan. Mereka juga dianggap bisa memilih mana influencer yang paling 'cocok' karena banyaknya pilihan.

"Generasi muda sekarang sudah bijak dalam memilih beauty influencer karena ada banyak pilihan. Mereka bisa smart dalam memilih," ungkap Yosanova.

Simak Video "Perawatan Unik, Berendam dalam Serbuk Kayu Pinus"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/agm)