Pakai Skincare Anti Aging dan 5 Langkah Lain Agar Tetap Awet Muda

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 17 Jan 2020 15:43 WIB
Tips Hindari Penuaan dengan Perawatan Anti Aging / Foto: iStock
Jakarta - Agar terhindar dari kerutan dan penuaan dini, sangat penting untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit dengan perawatan anti aging. Dokter kecantikan pun mengungkapkan mengenai seberapa penting penggunaan perawatan anti aging dan cara-cara untuk terhindar dari penuaan dengan perawatan anti aging.

"Sebetulnya prinsip untuk menggunakan skincare anti aging, pertama dia ada efek eksfoliasi fungsinya apa eksfoliasi, untuk mengangkat sel kulit mati kita sehingga sel kulit yang baru itu akan terangsang untuk tumbuh, untuk naik ke atas. Kemudian yang kedua, dia ada efek hidrasinya, melembabkan, dan ada efek untuk menangkal radikal bebas dan memiliki kemampuan untuk memperbaiki sel-sel kulit yang sudah rusak," kata dr. Haekal Anshari, M. Biomed (AAM) saat ditemui dalam acara peluncuran skincare Y.O.U di The Hermitage, Menteng pada Kamis (16/01/20).

Dokter Haekal juga menambahkan bahwa perawatan anti aging berupa skincare anti aging cukup penting karena juga dapat berfungsi untuk menstimulasi produksi kolagen yang baru. Kolagen adalah salah satu protein yang sangat penting di tubuh kita. Kolagen tidak hanya ada di dalam kulit, tetapi juga ada di jantung dan tulang.


"Kalau fungsi kolagen pada kulit kita, kolagen ini ibarat tiang penyangga. Nah andaikata kolagennya berkurang, maka tiang penyangga akan berkurang sehingga kulit akan jeblok, keriput," kata dr. Haekal.

Menurut dr. Haekal, setelah usia 25 tahun, jumlah produksi kolagen pada tubuh akan berkurang 1,5% setiap tahunnya. Oleh karena itu, perawatan anti aging sangat penting untuk dilakukan. Agar tidak keliru, dr. Haekal memberikan cara-cara yang tepat untuk melakukan perawatan anti aging. Berikut ini tips-tipsnya agar terhindar tetap awet muda, terhindar dari penuaan dini dan keriput.

1. Pola Hidup Sehat
"Perbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, cukupi kebutuhan air putih minimal delapan gelas sehari, tidur cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi alkohol berlebihan," jelas sang dokter.

Perawatan anti aging pastinya tidak hanya dari luar, melainkan juga dari dalam. Oleh karena itu dr. Haekal menganjurkan untuk menjalankan pola hidup sehat. Jika melakukan perawatan anti aging dari luar dan dalam maka tentu saja akan lebih efektif untuk melawan penuaan dan keriput pada kulit.


2. Hindari Makan-makanan Manis
"Yang namanya radikal bebas itu tidak hanya datang dari polusi atau sinar matahari. Tapi bisa datang dari apa yang kita makan," kata dokter Haekal.

Menurut penuturan sang dokter, jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang berminyak dan tinggi gula maka dapat mengganggu sistem hormon dan sistem imunitas. Bahkan makanan yang tinggi gula dapat berikatan dengan protein dan membentuk molekul AGEs (Advanced Glycation End Products). Molekul AGEs ini yang berbahaya karena dapat menghancurkan kolagen pada kulit sehingga mulailah timbul keriput.

3. Cuci Muka 2 Kali Sehari
Menurut dokter Haekal, mencuci muka adalah hal yang cukup penting dalam perawatan anti aging untuk melawan penuaan. Setidaknya mencuci muka 2 kali sehari pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Gunakan produk pencuci muka yang memang sesuai dengan kondisi wajah. Kamu juga bisa mencuci muka dengan rangkaian produk perawatan anti aging yang banyak tersedia di pasaran.

4. Gunakan Pelembab
Perawatan anti aging yang selanjutnya adalah dengan menggunakan pelembab. Pelembab sangat penting digunakan agar kulit tidak menjadi kering karena kulit yang kering akan lebih mudah untuk terkena penuaan dan keriput. Oleh sebab itu, masukkan pelembab dalam rangkaian produk perawatan anti aging yang kamu gunakan.

5. Gunakan Tabir Surya
"Paling tidak selalu menggunakan sun screen untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet matahari," kata dokter Haekal.

Menurut penuturan sang dokter, dalam rangkaian perawatan anti aging yang kamu gunakan sangat penting untuk memasukkan produk tabir surya. Setidaknya gunakan tabir surya yang memiliki SPF 30. Tabir surya akan membantu rangkaian perawatan anti aging yang kamu gunakan semakin efektif dan maksimal.

6. Gunakan Produk Perawatan Anti Aging
Pilihlah produk perawatan anti aging yang mengandung bahan-bahan natural. Jika produk perawatan anti aging sudah kamu gunakan secara rutin maka kulitmu akan jauh lebih terlindungi dari keriput dan penuaan.

7. Menyeimbangkan Kesibukan dengan Rekreasi
Selain menggunakan produk perawatan anti aging, menyeimbangkan antara kesibukan dan rekreasi juga sangat penting agar kamu terhindar dari stress karena stress dapat menyebabkan timbulnya keriput.

Simak Video "Perawatan Unik, Berendam dalam Serbuk Kayu Pinus"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)