10 Rangkaian Skincare untuk Atasi Jerawat dan Bekasnya

Virgina Maulita Putri - wolipop Minggu, 15 Des 2019 06:22 WIB
10 Rangkaian Skincare untuk Atasi Jerawat dan Bekasnya Foto: iStock
Jakarta - Skincare untuk kulit berjerawat tentu lebih rumit dan kompleks dibanding rangkaian skincare untuk kulit normal. Walau terbilang rumit, rangkaian skincare ini merupakan kunci untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya jika dilakukan dengan konsisten.

Untuk kalian yang baru membangun skincare routine, mungkin agak sedikit kebingungan dengan banyaknya pilihan produk dan langkah-langkah perawatan yang harus dilakukan. Kalian tidak perlu langsung mencoba perawatan wajah 10 langkah yang populer di Korea, lebih baik ikuti rangkaian skincare mendasar terlebih dahulu.



Berikut 10 rangkaian skincare serta produk untuk atasi jerawat dan bekasnya yang dirangkum Wolipop:

1. Bersihkan Makeup

Sebelum tidur, biasakan bersihkan makeup atau sunscreen yang ada di wajah. Jangan pernah tidur dengan make up masih menempel di wajah karena bisa menyumbat pori-pori dan mengakibatkan lebih banyak jerawat.

Gunakan pembersih makeup yang lembut agar tidak menimbulkan iritasi. Kalian bisa menggunakan cleansing oil atau air micellar seperti Bioderma Sensibio H2O.

2. Cuci Muka dengan Benar

Setelah membersihkan makeup, lanjutkan dengan mencuci muka. Biasakan mencuci muka dua kali dalam sehari, di pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Untuk mengatasi jerawat, mungkin kalian akan lebih memilih sabun cuci muka yang khusus untuk kulit berjerawat. Lebih baik hindari sabun cuci muka seperti ini karena bisa membuat kulit menjadi kering. Lebih baik gunakan sabun cuci muka yang lembut dengan tekstur gel seperti Himalaya Purifying Neem Face Wash.

3. Pakai Toner atau Astringen

Toner yang mengandung astringen alami bisa membantu mengurangi minyak berlebih, melawan komedo dan melembabkan kulit. Untuk kulit berminyak cari toner dengan kandungan witch hazel yang merupakan astringen alami.

Tapi hati-hati dengan kandungan alkohol yang ada di toner. Alkohol bisa membuat kulit kering dan iritasi, apalagi jika kulit kalian termasuk sensitif.



4. Gunakan Serum

Serum bisa langsung menargetkan masalah kulit yang spesifik, seperti jerawat dan bekasnya. Bahan dasar yang ada dalam serum bisa menembus bagian paling dalam kulit sehingga bisa menyelesaikan masalah hingga akarnya. Serum yang cocok untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya seperti The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%.

5. Eksfoliasi Seminggu Sekali

Ketika kotoran dan sel kulit mati menumpuk hingga menyumbat pori-pori, bakteri penyebab jerawat bisa dengan cepat berkembang biak. Untuk bisa membersihkan wajah secara mendalam kalian bisa melakukan eksfoliasi.

Kalian bisa melakukan eksfoliasi secara fisik menggunakan scrub, atau secara kimia menggunakan produk seperti COSRX BHA Blackhead Power Liquid. Jangan lakukan eksfoliasi lebih dari tiga kali seminggu karena bisa membuat kulit menjadi iritasi.

6. Jangan Lupa Pelembab

Kulit berminyak biasanya lebih rentan berjerawat, tapi bukan berarti kalian bisa meninggalkan pelembab begitu saja. Pelembab mungkin tidak bisa langsung mengatasi jerawat, tapi merupakan bagian yang penting dalam rangkaian skincare sehari-hari.

Kulit yang lembab adalah kulit yang sehat dan bisa melawan jerawat serta mencegah munculnya bakteri penyebab jerawat. Pilih produk pelembab yang ringan dengan tekstur gel seperti pelembab asal Korea, Huxley Cream Fresh and More.

7. Pakai Produk Khusus untuk Lawan Jerawat

Kalian bisa menggunakan semua produk skincare untuk kulit berjerawat yang ada di dunia, tapi jika produk tersebut tidak memiliki bahan untuk melawan jerawat, percuma saja. Cari produk skincare yang mengandung bahan seperti salicylic acid, zinc, benzoyl peroxide, sulfur, retinol dan vitamin C.

Ada banyak spot treatment yang bisa mengeringkan dan menghilangkan jerawat dengan cepat. Dua di antaranya adalah The Body Shop Tea Tree Oil dan Mario Badescu Drying Lotion.



8. Masker Lumpur Seminggu Sekali

Rangkaian skincare untuk jerawat lainnya yang bisa kalian coba adalah gunakan masker lumpur seminggu sekali. Masker dengan bahan dasar lumpur bentonite bisa menyerap minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori dengan ampuh.

Salah satu masker yang ampuh dalam mengatasi jerawat adalah Queen Helene Mint Julep Masque. Masker berwarna hijau ini mengandung kaolin, bentonite dan zinc oxide yang bagus untuk membersihkan wajah dari jerawat.

9. Rajin Pakai Sunscreen

Jika ingin menghilangkan bekas jerawat dengan cepat, selalu rajin pakai sunscreen dengan SPF 30 saat beraktivitas di luar ruangan. Paparan sinar matahari bisa membuat bekas jerawat terlihat lebih gelap dan lebih sulit untuk dihilangkan. Sunscreen yang cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat seperti Biore UV Aqua Rich Watery Essence.

10. Jangan Asal Pilih Makeup

Menerapkan rangkaian skincare saja tidak cukup untuk mengatasi jerawat. Saat memilih make up, terutama foundation, kalian juga harus berhati-hati agar tidak memilih makeup yang bisa menyumbat pori-pori.

Selalu cek apakah make up yang kalian gunakan memiliki label non-comedogenic atau tidak. Make up seperti ini tidak akan menyebabkan jerawat atau menyumbat pori-pori, seperti Maybelline Fit Me! Dewy + Smooth Foundation.

Simak Video "Hobi Naik Gunung, Debi Sagita Tetap Skincare-an saat Mendaki"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/pay)
dRooftalk
×
Corona Meluas, Pilkada Tetap Digas
Corona Meluas, Pilkada Tetap Digas Selengkapnya