Kenalan dengan Makeup Artist Tuli di Hari Disabilitas Internasional 2019

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 03 Des 2019 17:07 WIB
Hasniah Makeup Artist Tuli Yang Menginspirasi di Hari Disabilitas Internasional 2019 / Foto: vina oktiani/wolipop Hasniah Makeup Artist Tuli Yang Menginspirasi di Hari Disabilitas Internasional 2019 / Foto: vina oktiani/wolipop

Jakarta - Hari ini tepat tanggal 3 Desember 2019 merupakan Hari Disabilitas Internasional. Peringatan Hari Disabilitas Internasional ditetapkan pada 1992 oleh Majelis Umum PBB 47/3. Hari Disabilitas Internasional diperingati untuk memperjuangkan hak-hak dan kesejahteraan para penyandang disabilitas di semua bidang dan pembangunan.

Walaupun memiliki keterbatasan, nyatanya banyak kaum difabel yang menginspirasi dengan karya-karya mereka di berbagai bidang. Salah satunya adalah sosok wanita bernama Hasniah ini.

Hasniah atau yang biasa disapa Nia menderita tuli. Hasniah memiliki keterbatasan mendengar sejak usianya menginjak dua tahun karena terjatuh dari tempat tidur. Hal ini yang kemudian membuatnya harus belajar tentang bahasa isyarat dan membaca gerak bibir orang. Walau demikian, keterbatasannya tersebut tidak menghalangi dirinya untuk berkarya dan berkreasi mendalami hobi bermakeupnya.

"Pertama kali saya belajar dari YouTube. Jadi awalnya saya memang tidak tahu mengenai makeup sama sekali. Jadi pelan-pelan saya belajar dari dasar dulu. Misalnya cara mengaplikasikan maskara, kemudian bedak, lipstik, dan alis," kata Hasniah saat ditemui dalam acara peringatan Hari Disabilitas Internasional 2019 yang digelar Y.O.U di Hong Kong Cafe, Thamrin, Jakarta pada Selasa (3/11/2019).

Hasniah mengaku mulai tertarik dan belajar tentang makeup saat duduk di bangku SMA, tepatnya kelas 2 SMA. Saat awal belajar makeup, hal yang paling sulit baginya adalah menggambar alis.

"Karena alis itu kan biasanya menyesuaikan dengan bentuk wajah. Jadi memang agak sulit menyesuaikan bagaimana si lengkungan alis ini bisa sesuai membingkai mata," kata wanita kelahiran Jakarta, 6 Oktober 1980 itu.

Hasniah mengaku kemampuan makeupnya murni ia dapatkan dari YouTube. Dirinya tidak pernah mengikuti les atau kelas makeup sebelumnya. Walaupun memiliki keterbatasan tidak bisa mendengar, wanita 39 tahun itu mengaku tidak merasa kesulitan saat belajar makeup dari YouTube.


"Karena di YouTube itu kan ada langkah-langkah, tahap-tahap yang harus saya lalui untuk belajar makeup. Jadi saya belajar melihat dari tahap-tahap yang ditampilkan dalam video tersebut," ujar Hasniah.

Hasniah memang sudah mulai menyukai dan belajar makeup sejak dirinya duduk di bangku SMA. Namun untuk mendalami dan belajar makeup secara profesional baru dilakukannya pada 2016. Kini Hasniah sudah menjadi MUA dan bisa mendandani orang lain. Kebanyakan orang-orang yang menjadi pelanggannya adalah kerabat dan rekan kerjanya.


"Biasanya teman kerja atau orang yang telepon yang meminta saya untuk makeupin mereka. Jadi biasanya rekan dekat melihat makeup yang saya pakai lalu mereka tertarik dan minta dimakeupin," kata Hasniah.

Hasniah mengatakan selama bekerja sebagai makeup artist, dia tidak memiliki hambatan berarti saat berkomunikasi dengan kliennya. "Biasanya kalau ada hambatan komunikasi bisa diatasi dengan berbicara dengan pelan-pelan," tutupnya.

Simak Video "Toni-Ann Singh, Pemenang Miss World 2019 dari Jamaica"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)