Kulit Tangan dan Kaki Belang? Atasi dengan 9 Cara Alami Ini

Virgina Maulita Putri - wolipop Selasa, 05 Nov 2019 05:36 WIB
Kulit Tangan dan Kaki Belang? Atasi dengan 9 Cara Alami Ini Foto: Thinkstock Kulit Tangan dan Kaki Belang? Atasi dengan 9 Cara Alami Ini Foto: Thinkstock

Jakarta - Memiliki tubuh dengan warna kulit yang cerah dan merata tentu merupakan idaman semua orang, terutama wanita. Sayangnya kulit tangan dan kaki memiliki kecenderungan lebih mudah terbakar sinar matahari dan menjadi gelap dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Akibatnya, warna kulit jadi tidak merata serta bagian tangan dan kaki terlihat belang. Hal ini terjadi karena kulit kita memproduksi melanin untuk melindungi diri dari sengatan matahari berlebih, dan lebih banyak produksi melanin berarti kulit akan terlihat lebih gelap.



Jangan khawatir, kalian bisa tetap naik motor di cuaca yang panas atau berjemur di pantai tanpa harus memikirkan kulit tangan dan kaki yang belang. Berikut cara alami menghilangkan kulit tangan dan kaki yang belang akibat sinar matahari yang dirangkum Wolipop:

1. Yogurt

Produk skincare yang mengandung asam laktat terbukti ampuh dalam mengatasi warna kulit yang tidak merata. Asam laktat sendiri merupakan jenis alpha hydroxy acid (AHA) yang bisa ditemukan di berbagai jenis makanan termasuk yogurt.

Caranya oleskan yogurt tawar di kulit tangan atau kaki secara tipis-tipis sebelum tidur. Diamkan selama 5-10 menit kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan cara ini selama beberapa kali dalam seminggu.

Perlu diingat hanya gunakan asam laktat di malam hari karena sifatnya yang bisa membuat kulit kalian lebih sensitif terhadap UV. Pada pagi hari setelah menggunakan perawatan ini, jangan lupa gunakan sunscreen minimal SPF 30 untuk menghindari kulit terbakar.

2. Puree Tahu

Makanan yang terbuat dari kedelai seperti tahu memiliki kemampuan untuk mencerahkan kulit. Caranya tumbuk tahu hingga halus dan bentuknya menyerupai pasta.

Oleskan ke kulit tangan atau kaki secara merata dan diamkan selama 10-20 menit. Setelah itu bilas hingga bersih.

3. Kunyit

Kunyit bisa membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Caranya campurkan satu sendok teh kunyit dengan air jus timun atau yogurt tawar hingga menjadi seperti pasta.

Oleskan secara merata dan diamkan selama 20-30 menit sebelum akhirnya dibilas hingga bersih. Ulangi cara ini dua atau tiga kali seminggu.

Kulit Tangan dan Kaki Belang? Atasi dengan 9 Cara Alami IniKulit Tangan dan Kaki Belang? Atasi dengan 9 Cara Alami Ini Foto: iStock


4. Lemon

Asam sitrat yang dikandung lemon bisa bekerja sebagai exfoliant, sementara kandungan vitamin C-nya bisa mengatasi hiperpigmentasi. Tapi perlu diingat, hanya gunakan asam sitrat dan vitamin C di malam hari karena bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Pada pagi harinya juga selalu gunakan sunscreen minimal SPF 30. Jangan gunakan asam sitrat di kulit lebih dari sekali seminggu.

Cara menggunakannya adalah peras lemon dan taruh sarinya di dalam mangkuk. Oleskan di tangan atau kaki menggunakan kapas. Diamkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air hangat.

5. Timun

Timun mengandung astringent alami yang bisa memutihkan kulit dan vitamin A yang bisa mengontrol produksi melanin di kulit. Caranya parut timun dan oleskan sarinya ke tangan atau kulit.

Diamkan selama 15 menit dan bilas hingga bersih. Ulangi terus cara ini selama sebulan dan kulit tangan dan kaki kalian tidak lagi belang.

6. Tomat

Tomat mengandung lycopene, antioksidan yang bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Kandungan ini juga bisa mengurangi sensitivitas kulit terhadap paparan UV.

Caranya mudah saja, tumbuk tomat hingga halus seperti bubur kemudian oleskan di bagian tubuh yang dirasa belang. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas hingga bersih.



7. Kopi

Eksfoliasi merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit tangan dan kaki yang belang. Cara ini bekerja dengan mengikis lapisan kulit mati yang ada di permukaan dan menggantinya dengan yang baru.

Cara eksfoliasi dengan kopi mudah saja. Campurkan minyak zaitun atau minyak kelapa dengan kopi bubuk. Oles atau pijatkan campuran di tangan atau kaki lalu bilas hingga bersih.

8. Air Beras

Saat mencuci beras, jangan buang air rendamannya karena bisa kalian gunakan untuk mengatasi kulit belang. Beras mengandung asam ferullic serta allantoin yang bisa melindungi dan memutihkan kulit.

Sisihkan air rendaman tadi di dalam ember. Rendam tangan atau kaki kalian di dalam air beras selama 10 menit, kemudian beras.

9. Pepaya

Cara mengatasi kulit tangan dan kaki belang lainnya adalah menggunakan pepaya. Tumbuk seperempat cangkir pepaya hingga menjadi bubur dan oleskan ke kulit.

Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih. Disarankan untuk menggunakan cara ini di kamar mandi karena pepaya terbilang encer dan mudah menetes serta bisa mengotori lantai.

Simak Video "Menjaga Kulit Tetap Sehat, Gimana Caranya?"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)