9 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata dengan Alami

Virgina Maulita Putri - wolipop Kamis, 10 Okt 2019 05:23 WIB
9 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata dengan Alami Foto: iStock 9 Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata dengan Alami Foto: iStock

Jakarta - Semakin umur bertambah, tanda-tanda penuaan di kulit semakin banyak bermunculan. Salah satu tanda penuaan yang umum ditemui adalah garis-garis halus dan kerutan yang ada di bawah mata.

Kerutan ini muncul karena semakin menua, kulit perlahan kehilangan kelenturannya. Tapi ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya kerutan di bawah mata seperti paparan sinar matahari dan merokok.

Jika ingin menghilangkan kerutan secara cepat, ada beberapa prosedur kosmetik yang bisa dilakukan seperti perawatan laser, filler dan botox. Karena hasilnya yang instan, tentu prosedur ini akan memakan biaya yang cukup besar.



Tidak perlu khawatir karena saat ini banyak cara alami dan murah meriah untuk menghilangkan kerutan di bawah mata. Untuk kalian yang masih berusia muda, cara-cara ini juga cocok dilakukan untuk mencegah munculnya kerutan di bawah mata.

Berikut adalah 9 cara menghilangkan kerutan di bawah mata yang dirangkum Wolipop:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki banyak kemampuan menyembuhkan, termasuk mengurangi keriput di bawah Studi yang dilakukan Miyuki Tanaka, dkk menemukan bahwa mengoleskan gel lidah buaya bisa mengurangi kerutan secara signifikan serta membuat kulit lebih kenyal dan terhidrasi.

2. Pisang

Pisang mengandung beragam nutrisi yang bagus untuk kesehatan kulit. Masker pisang pun terbukti bisa menjadi obat tradisional untuk menghilangkan keriput di bawah mata.

Caranya lumatkan 1/4 pisang hingga teskturnya menjadi pasta. Oleskan adonan tersebut di kulit secara tipis, biarkan selama 15-20 menit dan bilas menggunakan air hangat.

3. Putih Telur

Masker dengan bahan dasar putih telur bisa menghilangkan kerutan di bawah mata sekaligus meningkatkan produksi kolagen yang berguna untuk kelenturan kulit.

Cara membuat maskernya mudah saja. Campurkan 1 putih telur, 1 sendok teh air lemon, dan 5 sendok teh madu. Oleskan campuran tersebut ke wajah, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Minyak Zaitun

Mengonsumsi langsung minyak zaitun bisa mencegah terbentuknya kerutan di bawah mata. Karena minyak zaitun memiliki kandungan khusus yang bisa meningkatkan level kolagen di kulit.

Selain dikonsumsi langsung, kalian juga bisa menggunakan minyak zaitun langsung di kulit. Caranya pijat lembut kulit di sekitar mata menggunakan minyak zaitun selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air hangat.

Cara Menghilangkan Kerutan di Bawah MataCara Menghilangkan Kerutan di Bawah Mata Foto: Thinkstock


5. Essential Oil

Ada beberapa essential oil yang bisa menjadi obat tradisional untuk menghilangkan keriput di bawah mata. Minyak-minyak tersebut antara lain minyak argan, grapeseed, jojoba, lavender, sandalwood, ylang-ylang dan masih banyak lagi.

Cara menggunakannya larutkan essential oil di carrier oil seperti minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian oleskan campuran tersebut langsung ke bagian mata yang memiliki kerutan.

6. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi kolagen di kulit. Vitamin ini tentu bisa ditemukan di banyak buah dan sayuran.

Tapi jika ingin mendapatkan asupan vitamin C yang lebih banyak, kalian bisa oleskan gel atau krim yang mengandung vitamin C langsung di kulit. Tidak hanya menghilangkan kerutan di wajah, vitamin ini juga bisa membuat kulit lebih lembab dan terhidrasi.



7. Gunakan Sunscreen

Walau perawatan di atas bisa menghilangkan kerutan secara efektif, jangan lupakan upaya pencegahannya. Salah satu cara terbaik yang bisa kalian lakukan untuk mencegah kerutan adalah dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Untuk itu, selalu gunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 ketika beraktivitas di luar ruangan. Selain itu jangan lupa menggunakan topi dan sebisa mungkin batasi waktu kalian berada di luar ruangan.

8. Berhenti Merokok

Penelitian Mayo Clinic menemukan bahwa selain usia, merokok merupakan salah satu faktor terbesar yang menyebabkan kerutan di wajah. Pasalnya merokok membuat kulit mengalami stres oksidatif yang merusak kolagen dan elastin.

Merokok juga menyempitkan pembuluh darah di wajah sehingga menghalangi peredaran ke pembuluh darah dan membuat kulit kekurangan vitamin A.

9. Lakukan Senam Wajah

Cara menghilangkan dan mencegah kerutan di bawah mata di usia muda lainnya adalah dengan melakukan senam dan pijat wajah. Lakukan senam dan pijat wajah yang menargetkan area sekitar mata untuk membuat kulit menjadi lebih kencang dan elastis.

Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/eny)