Ini 8 Tanda Skincare Nggak Cocok di Kulit Wajahmu

Vina Oktiani - wolipop Rabu, 09 Okt 2019 11:13 WIB
Tanda skincare nggak cocok di kulit wajahmu. Foto: iStock Tanda skincare nggak cocok di kulit wajahmu. Foto: iStock

Jakarta - Menggunakan skincare kini jadi tren kecantikan terbaru untuk merawat kulit. Dalam memakai skincare, disarankan memilih produk yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulit yang dimiliki. Jika salah memilih produk skincare maka bukan kulit sehat dan mulus yang didapat justru sebaliknya. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengetahui tanda-tanda saat skincare yang digunakan tidak cocok di kulit wajah. Karena jika dibiarkan, menggunakan skincare yang tidak tepat dapat membuat kulit wajah semakin hancur. Seperti dikutip dari New Beauty, berikut ini delapan tanda produk skincare nggak cocok di kulit wajahmu.

1. Kulit Kering dan Mengelupas
Menurut Carolyn Holdsworth, selaku ahli kecantikan, saat produk skincare tidak cocok dapat memperparah kondisi kulit, seperti kulit bisa menjadi lebih kering. Jika sebelumnya kamu memiliki tipe kulit kering maka jangan memilih skincare dengan terlalu banyak kandungan asam. Kulit yang kering bisa kembali normal jika kamu memilih skincare yang tepat yang tidak mengandung banyak asam.

Sabun yang berbusa biasanya mengandung banyak asam yang membuat kulit menjadi kering. Kulit kering bisa juga karena kamu terlalu sering menggunakan produk pengelupasan kulit.

2. Ada Ruam Pada Kulit
Ruam bisa timbul karena banyak hal, salah satunya adalah karena produk skincare yang digunakan tidaklah cocok. Penyebab ruam pada kulit adalah karena adanya reaksi alergi yang timbul dari produk yang digunakan.

Biasanya ini karena ada salah satu kandungan dalam skincare yang membuatmu iritasi, seperti kandungan pewangi atau acrylates yang terdapat dalam produk. Untuk menghindarinya kamu bisa ke dokter dan melakukan tes alergi, sehingga bisa memilih produk yang tidak memiliki kandungan yang membuatmu alergi. Untuk mempercepat penyembuhan kamu bisa menggunakan produk-produk yang lebih ringan dan lembut sampai iritasi pada kulitmu mereda.

3. Mengalami Breakout
Breakout adalah salah satu tanda bahwa kulitmu tidak cocok dengan skincare yang kamu gunakan. Breakout seperti timbulnya bercak-bercak merah pada kulit atau timbul benjolan merah bisa menandakan bahwa kamu mungkin perlu menghentikan produk yang sedang kamu gunakan.

Berbeda dengan purging, breakout biasanya muncul pada bagian-bagian wajah yang sebelumnya tidak pernah berjerawat. Sehingga jika mengalami hal ini maka kamu bisa mengunjungi dokter terlebih dahulu atau setidaknya memberi waktu selama dua hingga tiga minggu pada kulit sebelum beralih ke produk yang baru.


Tanda skincare nggak cocok di kulit wajah.Tanda skincare nggak cocok di kulit wajah. Foto: iStock


4. Kulit Jadi Berminyak
Jika kamu memang memiliki jenis kulit yang berminyak maka ini bukanlah masalah. Namun jika sebelumnya kulitmu baik-baik saja dan setelah menggunakan salah satu produk skincare kulitmu menjadi berminyak maka ini bisa menjadi pertanda bahwa kamu tidak cocok dengan skincare tersebut.

Kulit kita sendiri memiliki lapisan minyak alami yang bertindak sebagai penghalang dan pelindung. Jika lapisan ini menjadi rusak karena skincare yang digunakan maka kulit akan memproduksi minyak lebih banyak yang kemudian bisa menyebabkan jerawat. Untuk mengatasinya bisa dengan menggunakan masker arang yang bisa menyerap kelebihan minyak. Bisa juga dengan mengurangi produk yang menyerap minyak, seperti memakai gel pelembab dengan kandungan asam hialuronat.

5. Kulit Terasa Seperti Terbakar
Beberapa produk skincare memang bisa menyebabkan rasa seperti terbakar atau cekit-cekit saat digunakan. Skincare dengan kandungan bahan aktif memang bisa menyebabkan rasa cekit-cekit yang menandakan bahwa produk tersebut sedang bekerja untuk memperbaiki kulit.

Jika rasa terbakar ini membuatmu merasa sakit saat menyentuh atau mencuci wajah maka ini menandakan bahwa skincare yang kamu gunakan tidaklah cocok dengan kondisi kulitmu. Bisa jadi kandungan dalam produk tersebut terlalu keras untuk kulit sensitif yang kamu miliki.

6. Timbul Jerawat
Salah satu tanda yang dapat dilihat jika kamu tidak cocok dengan skincare yang sedang kamu gunakan adalah jerawat-jerawat yang mulai bermunculan. Jerawat tersebut mengindikasikan bahwa kulit sedang mengalami iritasi dan inflamasi. Produk skincare yang kamu gunakan mungkin membuat pori-porimu menjadi tersumbat hingga menimbulkan jerawat. Untuk mengatasinya, kamu perlu memperhatikan dengan baik keterangan pada produk tersebut. Pastikan kamu menggunakan produk yang non-comedogenic.


7. Gatal-Gatal Pada Kulit
Gatal-gatal bisa menjadi tanda bahwa kamu menggunakan produk skincare yang salah. Gatal-gatal yang timbul pada kulit bisa disebabkan karena salah satu kandungan dalam produk tersebut ada yang tidak cocok dan menimbulkan alergi pada kulitmu. Jika kamu mengalami hal ini maka segera hentikan pemakaian produk dan konsultasikan pada dokter.

8. Kulit Terasa Tertarik
Jika setelah menggunakan produk skincare kamu merasa kulitmu seperti tertarik, maka ini bisa menjadi pertanda bahwa produk skincare yang kamu pilih mungkin kurang tepat. Menggunakan pembersih wajah yang salah bisa membuat kulit kehilangan produksi minyak naturalnya sehingga kulit bisa menjadi dehidrasi, iritasi, dan kering. Carilah skincare yang memiliki pH seimbang. Jangan meremehkan hal ini karena kondisi kulit seperti ini bisa menyebabkan produksi minyak yang berlebih, pori-pori menjadi besar, dan kerutan.

Simak Video "Hobi Naik Gunung, Debi Sagita Tetap Skincare-an saat Mendaki"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)