Riset Mengungkap Hobi Nonton Film Bikin Lebih Cepat Tua

Rahmi Anjani - wolipop Minggu, 06 Okt 2019 11:02 WIB
Foto: shutterstock Foto: shutterstock

Jakarta - Nonton film jadi aktivitas favorit banyak orang. Hobi tersebut tak butuh banyak biaya tapi bisa menguras emosi, memperluas wawasan, hingga memetik pelajaran hidup. Meski menyenangkan, nonton film bisa jadi berakibat kurang baik. Selain mungkin bisa membuat mata lelah dan memperparah pandangan ketika sering maraton film, hobi itu juga dikatakan dapat membuat wajah cepat tua.

Hal tersebut terungkap dalam sebuah penelitian yang dilakukan kepada 2,000 orang beberapa waktu lalu. Studi mengungkap jika sering menonton film dapat mempengaruhi penuaan. Bukan hanya film-film seram seprerti thriller atau horror, bahkan komedi pun dapat menyebabkan munculnya kerutan lebih cepat di wajah. Apa penyebabnya?

Penelitian mengungkap bahwa ekspresi atau mimik wajah yang dibuat selama menonton film lah yang dapat menyebabkan penuaan dini. Dikatakan bahwa ketika para penonton mengernyitkan dahi atau memicingkan mata ketika menyaksikan cerita film yang mengejutkan. hal itu bisa menimbulkan garis-garis halus di wajah.

Menurut studi, penonton biasanya akan membuat gestur wajah sebanyak 20 kali ketika ketakutan menyaksikan film horror. Adapun selama film thriller yang menegangkan bisa sebanyak 50 kali. Sementara selama film komedi kebanyakan orang akan tertawa atau paling tidak tersenyum 115 kali.

Membuat gestur wajah selama nonton film mungkin dianggap berlebihan jika dikatakan bisa bikin cepat tua. Namun dokter kulit Dr Harry Singh dari brand Foreo yang memimpin penelitian pun ikut terkejut dengan hasil studinya. Ia mengatakan bahwa mengernyitkan dahi atau memicingkan mata selama lima tahun dapat memperparah garis halus sebanyak 50%. Sedangkan tertawa dapat menimbulkan kerutan di bagian ujung mata dan mulut sebanyak 40%.

Tentu Anda tak perlu menghindari nonton film hanya demi wajah awet muda dan terhindar dari penuaan. Membuat beragam ekspresi wajah pun merupakan hal yang wajar. Selagi itu membuat bahagia, tampaknya tak ada salahnya untuk terlihat lebih matang asalkan tetap menjaga kesehatan kulit di keseharian.


Simak Video "Saat Api Menari Mengikuti Alunan Musik"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)