3 Masalah Kulit Paling Banyak Dialami Wanita Indonesia Menurut Dokter

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 26 Sep 2019 14:06 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Kulit yang cantik dan sehat tentu menjadi idaman setiap wanita. Namun, kerap kali berbagai masalah kulit masih dialami oleh banyak wanita Indonesia.

Menurut dokter spesialis kulit dan kelamin Kardiana Purnama Dewi, iklim tropis yang terjadi di Indonesia menyebabkan wanita memiliki masalah kulit wajah. Apa saja masalah kulit yang paling banyak dialami wanita Indonesia?

1. Kulit Sensitif

Ilustrasi untuk kulit sensitifIlustrasi untuk kulit sensitif Foto: ilustrasi/thinkstock


Permasalahan kulit wanita Indonesia umumnya terjadi karena faktor lingkungan. Hal tersebut dikemukakan oleh Kardiana yang menyebutkan pengaruh lingkungan dapat membuat kulit wanita Indonesia menjadi sensitif.

"Umumnya lebih ke arah faktor lingkungan, paparan UV, polusi dan AC hal ini yang menyebabkan kulit jadi sensitif," terang Kardiana di acara peluncuran Silcot Maximizer Cutton di Hotel Morrisey, Jakarta Pusat, Kamis (26/9/2019)



2. Berjerawat

Ilustrasi untuk wajah berjerawatIlustrasi untuk wajah berjerawat Foto: ilustrasi/thinkstock


Kardiana pun menambahkan bahwa masalah nomor satu yang dihadapi oleh perempuan Indonesia adalah jerawat. Banyak pasien yang datang ke kliniknya karena permasalahan jerawat di wajah.

"Nomor satu karena lingkungan panas dan makanan berminyak seperti gorengan lebih tinggi jadi keluhannya kulit berminyak dan jerawat," terangnya

3. Kulit Kering

Ilustrasi untuk kulit wajah keringIlustrasi untuk kulit wajah kering Foto: istock


Kulit kering juga jadi permasalahan yang dialami sebagian besar wanita di Indonesia. Dokter kecantikan yang praktek di DC Beauty Clinic ini pun menjelaskan bahwa kulit kering bisa menyebabkan wajah menjadi kusam dan mudah iritasi, serta kulit menjadi kemerah-merahan.



"Yang penting adalah bagaimana kebiasaan kita mulai menjaga dan merawat kulit, dengan membersihkan. Membersihkan makeup, pakai pelembab, dan menggunakan tabir surya. Olahraga, minum air putih yang cukup dan makan-makanan yang sehat," ujar Kardiana

Simak Video "Viral! Pemain Sepakbola Wanita Lindungi Lawan yang Hijabnya Terlepas"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/eny)