Tren Beli Kosmetik Bekas, Ini Cara Mensterilkan Kembali Lipstik Bekas Pakai

Hestianingsih - wolipop Jumat, 06 Sep 2019 19:05 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Membeli kosmetik bekas kini jadi tren, bahkan gaya belanja di Jepang pun sudah mulai beralih. Dari sebuah survei, para millennials di Jepang sudah semakin berani membeli kosmetik bekas. Meski begitu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli kosmetik bekas, terutama produk lipstik.

Penyebaran bakteri maupun kuman penyakit bisa saja terjadi pada kosmetik yang digunakan sembarangan dan tak dirawat dengan baik. Akibatnya bisa infeksi, iritasi hingga memicu reaksi alergi.



Perona bibir seperti lipstik, lip gloss, lip balm atau lip cream bekas pakai tentu sudah pernah digunakan pemilik sebelumnya dan terpapar sentuhan daerah mulut. Lipstik pre-loved atau bekas pakai bisa dibersihkan kembali sehingga menjadi seperti baru dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Kikis permukaan teratas lipstik dengan pisau kecil bersih. Pastikan alat yang Anda gunakan untuk memotong sebagian lipstik tidak berkarat.

2. Celupkan seluruh bagian lipstik ke dalam cairan alkohol 70 persen. Cara ini akan membunuh kuman maupun bakteri yang mungkin menetap di permukaan lipstik.



3. Simpan dalam freezer semalaman untuk memastikan bakteri benar-benar mati.

4. Keluarkan dari kulkas keesokan harinya, biarkan kering dalam suhu ruangan. Lipstik sudah bisa digunakan seperti biasa.

Simak Video "Tren Lipstik Musim Panas Tahun 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)