Heboh Aplikasi FaceApp, Ini yang Sebenernya Bisa Bikin Wajah Cepat Tua

Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 19 Jul 2019 13:11 WIB
Foto: dok. buzzfeed Foto: dok. buzzfeed

Jakarta - Saat ini heboh aplikasi FaceApp yang bisa mengedit foto menjadi tua. Aplikasi tersebut sebenarnya hanya untuk lucu-lucuan. Namun bisa diambil hikmahnya agar orang menjadi lebih sering merawat diri sehingga tidak terjadi penuaan dini atau terjadi kerutan wajah sebelum waktunya.

Nah, sebenarnya ada beberapa faktor yang menyebabkan wajah cepat menua. Inilah lima faktor tersebut, dari alkohol sampi paparan sinar ponsel.


1. Rokok & Alkohol
Merokok dan minum alkohol menjadi faktor yang mempercepat terjadinya penuaan dini. Merokok dan alkohol memicu masalah kesehatan karena menguras nutrisi di dalam tubuh. Hal tersebut pun berpengaruh pada kesehatan kulit. Kulit bisa lebih mudah kering karena kekurangan hidrasi dan kolagen yang menjadi sumber elastisitas kulit. Juga sudah begitu, maka kulit akan lebih cepat menjadi keriput.

2. Sinar Matahari
Sinar matahari adalah faktor eksternal yang bisa berpengaruh pada mempercepatnya penuaan diri. Biasanya waktu yang berbahaya dan harus menghindari paparan sinar matahari pada pukul 10.00 - 15.00. Oleh karena itu gunakan produk sunscreen pada wajah dan tubuh minimal SPF 30 dengan kandungan PA+++ untuk menjaga kulit dari matahari.

Heboh Aplikasi FaceApp, Ini yang Sebenernya Bisa Bikin Wajah Cepat Tua Foto: iStock


3. Radikal Bebas
Setiap harinya tanpa sadar kita terkena paparan radikal bebas seperti polusi, asap rokok atau sinar matahari. Padahal, radikal bebas menjadi faktor dalam penuaan dini. Untuk mencegah paparan yang ekstrem, maka penting untuk mengonsumi makanan yang mengandung antioksian seperti vitamin A, C dan E. Selain itu, pilih juga skin care yang mengandung antioksidan yang tinggi sehingga bisa menghalau efek jahat dari radikal bebas.



4. Stres
Stres mempercepat penuaan sel sehingga berpengaruh pada penuaan di kulit. Ketika stres, ekspresi wajah seseorang juga jadi lebih sering merengut yang bisa bikin kulit jadi lebih cepat keriput. Untuk melepaskan stres, sebaiknya luangkan diri untuk me time dengan membaca buku, menonton film lucu, melakukan spa hingga yoga.

5. Sinar TV & Ponsel
Dalam sehari berapa jam kamu berkutat dengan layar TV, ponsel hingga komputer? Bisa jadi lebih dari delapan jam sehari kulit terpapar dengan pancaran sinar biru dari gadget yang disebutkan tadi. Nyatanya, sinar tersebut dapat menyebabkan penuaan dini. Untuk mencegahnya, atur penerangan pada gadgetmu sehingga tidak terlalu terang. Akan lebih baik lagi jika pemakaian gadget dikurangi.



Simak Video "Mantap! Limbah Paralon Disulap Jadi Miniatur Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)