Studi: Tidur Lebih Cepat di Malam Hari Bikin Kulit 2,5 Tahun Lebih Muda

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 02 Jun 2019 20:05 WIB
Foto: iStock Foto: iStock

Jakarta - Sebuah penelitian mengungkap satu hal yang bisa membantu proses pelambatan penuaan. Adalah dengan tidur. Faktanya, tertidur lebih cepat di malam hari bisa bikin kulit 2,5 tahun lebih muda.

Tidur memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk kecantikan. Studi yang dilakukan oleh brand skin care Murad menyebut betapa pentingnya 'beauty sleep'.

Tim penelitian mengungkap bahwa seseorang bisa 2,5 tahun lebih muda ketik bisa tertidur dalam satu jam setelah menaruh kepala di bantal dibanding mereka yang berjuang untuk tidur. Jadi, mereka yang tertidur lebih cepat akan memungkinkan mendapatkan manfaat kecantikan kulit.

"Tidur cantik (beauty sleep) bukanlah hal klise, itu adalah fakta," ujar Dr. Murad, pendiri brand skin care Murad.

Sayangnya, dengan kebiasaan orang yang kini lebih sibuk membuat tidur menjadi sesuatu yang sulit. Kesulitan tidur bisa terjadi karena berbagai faktor, mulai dari stres sampai masih memegang gadget di waktu yang seharusnya untuk tidur.

Seperti dikutip dari Woman and Home, agar bisa lebih cepat tidur dan pulas gunakanlah masker mata berbahan sutera. Masker mata akan menghalangi cahaya lampu di sekitar sehingga bisa lebih mudah untuk cepat tidur.

Nyalakan atau semprotkan aromaterapi beraroma lavender untuk membantu tubuh lebih relax agar lebih mudah tidur. Dan yang tak kalah penting adalah jauhi ponsel pintarmu dari tempat tidur.

Cahaya dari ponsel bisa mengganggu tidur dan mencegah pelepasan melatonin. Dianjurkan agar meletakkan ponsel berjarak setidaknya 35cm dari wajah dan mematikan cahaya ponsel agar tidak terjaga.
(kik/ami)