Pria Masa Kini Kurang Seks karena Kebanyakan Main Game dan Medsos

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 04 Apr 2019 08:08 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Riset terbaru membuktikan pria muda di masa sekarang lebih jarang bercinta. Dan pakar menduga hal itu terjadi karena pria kini lebih asyik main game, medsos hingga streaming video.

Penelitian tersebut dilakukan National Opinion Research Center (NORC) di Universitas Chicago sejak 1972. Artinya riset tersebut memonitor perubahan di masyarakat dan mempelajari perubahan kompleksitas dari sebuah masyarakat.

Seperti dikutip dari Washington Post, riset menemukan 23% dari orang dewasa atau hampir satu dari empat, mengaku tidak melakukan aktivitas seks selama setahun terakhir. Dan sebagian besar dari 23% itu adalah para pria berusia 20-an. Sementara para wanita yang tidak bercinta setahun terakhir ini jumlahnya hanya 18%.

Profesor psikologi di Universitas San Diego, Jean Twenge, menduga kurangnya seks pada pria muda ini akibat semakin besarnya pengaruh teknologi pada kehidupan. "Sekarang ada lebih banyak hal yang bisa dilakukan setelah jam 10 malam dibandingkan dulu, 20 tahun lalu," ujarnya.

Apa saja hal yang dimaksudnya itu? Jean mengatakan orang-orang masa kini kemungkinan menukar seks dengan aktivitas kekinian seperti menonton video streaming, menjelajah media sosial hingga bermain game.

Hasil tidak jauh berbeda dari survei yang dilakukan National Opinion Research Center ini juga pernah diungkapkan penyedia layanan wireless dan GPS Telenav. Hasil surveinya mengungkapkan, orang kini lebih tergantung pada ponsel ketimbang pasangan mereka. Sebanyak 33 persen responden yang disurvei bahkan mengatakan bersedia tidak bercinta dengan pasangannya selama satu minggu daripada harus merelakan ponselnya.


Simak Juga "Makin Mirip Manusia, Ada Boneka Seks dengan Fitur AI":

[Gambas:Video 20detik]


(eny/ami)