Di Usia Ini, Pria dan Wanita Mulai Berubah Seperti Orangtuanya

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 28 Mar 2019 08:07 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Mungkin banyak wanita yang mirip dengan ibunya sejak kecil. Namun mereka akan benar-benar menjadi ibunya baru pada usia dewasa. Tak hanya secara fisik, wanita akan sepenuhnya mewarisi sifat atau kebiasaan sang ibu ketika mencapai usia 33 tahun. Hal tersebut terungkap dari sebuah penelitian terbaru yang juga membuktikan akan tiba masanya pria menjadi seperti sang ayah.

Saat remaja atau awal berusia 20an mungkin Anda sering bertengkar karena tidak sepaham dengan ibu. Namun bukan tidak mungkin jika Anda akan lebih akrab dan kompak dengannya di usia 33 tahun. Alasannya adalah karena di usia tersebut wanita mulai menjadi benar-benar mirip dengan sang ibu, terutama dalam hal pemikiran dan kebiasaan. Tak lagi memberontak, wanita di usia 30an malah melakukan banyak hal yang sama dengan ibu.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dokter bedah Dr Julian De Silva tersebut para wanita menyadari bahwa mereka mulai menjadi seperti ibunya di usia 30an. Beberapa tanda-tandanya, seperti mereka jadi suka menonton tayangan televisi yang sama, menggandrungi hobi yang sama, dan mengekpresikan diri dengan cara yang juga sama.

"Kita semua menjadi seperti orangtua kita di usia tertentu dalam hidup kita dan ini sesuatu yang perlu dirayakan. Mereka adalah orang paling mengagumkan di dunia. Menjadi seperti orangtua kita adalah pemicu utama dan faktor gaya hidup juga penting. Baik pria dan wanita mengatakan tanda-tanda fisik usia pertengahan juga menjadi faktor penting," kata Julian.

Sedangkan pria mulai menjadi seperti ayahnya ketika berusia 34 tahun. Berdasarkan polling yang dilakukan 2,000 orang, pria juga mulai mirip dengan ayahnya setelah menyadari mereka melakukan kebiasaan-kebiasaan yang sama. Misalnya mendengarkan stasiun radio yang sama, lebih sadar akan hemat listrik, mengalami penipisan rambut, hingga kenaikan berat badan.

Selain mulai serupa dalam hal pemikiran dan kebiasaan, di usia tersebut pria dan wanita juga mulai menemukan tanda-tanda penuaan. Di usia itu juga mereka mulai intensif menjaga penampilan demi mencegah tampil tua.

"Kita mulai merasa seperti ibu dan ayah kita ketika kita mulai terlihat seperti mereka juga. Itu adalah bagian dari penuaan yang tidak dapat dihindari tapi sebuah proses yang banyak orang ingin hindari selama mungkin," tutur Julian

"Ini adalah salah satu alasan mengapa usia rata-rata orang melakukan operasi kosmetika semakin menurun untuk kedua gender. Untuk wanita, sekarang 37 dan pria 43. Semakin banyak orang mencoba untuk menunda serangan usia pertengahan untuk meningkatkan penampilan dan tingkat kepercayaan diri," tambahnya.

Di Usia Ini, Pria dan Wanita Mulai Berubah Seperti Orangtuanya

(ami/ami)