Cara Cuci Muka untuk Miliki Kulit 'Suppin' Seperti Wanita Jepang

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 26 Mar 2019 16:46 WIB
Ilustrasi wanita cuci muka. Foto: Thinkstock Ilustrasi wanita cuci muka. Foto: Thinkstock

Jakarta - Tak hanya makeup, kulit sehat para wanita Jepang menjadi salah satu acuan kecantikan di Asia. Untuk mendapatkannya wanita Jepang diketahui menerapkan pola makan sehat serta perawatan kulit intensif. Selain pakai krim atau serum, perawatan dasar yang juga diperhatikan adalah mencuci wajah. Untuk mendapat kulit 'suppin', membersihkan wajah dengan teknik 'double cleansing' pun bisa dilakukan.

'Suppin' adalah konsep kecantikan minimalis yang merujuk pada kulit bare face atau tanpa makeup yang cantik alami. Untuk mendapatkan tampilan demikian tentu dimulai dengan memiliki kulit yang bersih. Dengan penggunaan makeup, sunscreen, hingga paparan polusi dan sinar matahari, kadang kulit bersih maksimal sulit diraih. Karenanya pencucian wajah dua kali disarankan dokter kulit.

Cara Cuci Muka untuk Dapat Kulit 'Suppin' Seperti Wanita JepangIlustrasi wanita cuci muka. Foto: Thinkstock

Double cleansing pun bukan istilah dan teknik baru di dunia kecantikan. Untuk melakukannya, tak ada produk khusus yang harus diterapkan. Intinya, Anda perlu memakai dua produk pembersih berbeda untuk mengangkat kotoran secara sempurna. Misalnya micelar water dan facial foam, cleansing balm dan cleansing gel, atau makeup remover dan facial scrub, tergantung kebutuhan.


"Kalau sehari-hari nggak keluar rumah dan hanya pakai pelembap tak harus double cleansing. Tapi kalau pakai makeup, sunscreen, dengan keringat, minyak yang menumpuk di kulit nanti semua bisa masuk ke dalam pori dan menyebabkan radang, masalah pigmentasi, ruam, kering, lama-lama penuaan dini," kata dr. Anesia Tania, SpKK dalam acara Senka di Satoo, Shangri La Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2018).

"Untuk double cleansing yang penting adalah keseimbangan, dua pembersih yang tak bikin kering, dan sesuai jenis kulit. Perhatikan pH pembersih dan kandungannya," tambahnya.

Saat double cleansing, disarankan untuk memilih sabun wajah yang tepat. Dermatologis tersebut menekankan jika salah pilih pembersih bisa menyebabkan kulit kering, terasa ketat, hingga iritasi. Beberapa hal perlu diperhatikan ketika memilih sabun cuci muka yang baik.
Cara Cuci Muka untuk Dapat Kulit 'Suppin' Seperti Wanita JepangIlustrasi wanita perawatan kulit. Foto: Thinkstock


Anesia mengatakan bahwa yang pertama harus diperhatikan adalah mengenal jenis kulit san aktivitas keseharian lalu sesuai dengan sabun yang tepat. Kemudian ciptakan rutinitas perawatan yang simpel agar tidak menjadi malas atau lupa. Dokter pun menyarankan agar produk punya kandungan glycerin, hyaluronic acid, atau PHA yang bisa sekaligus menutrisi.

Untuk membantu wanita Indonesia mendapat kulit 'suppin' yang sehat, brand pembersih wajah Senka asal Jepang menyediakan produk-produknya di Indonesia. Selain facial foam 'Perfect Whip' yang sudah menjadi best seller di Jepang dan beberapa negara, kini hadir 'All Clear Water' untuk membersihkan secara maksimal. Produk-produk tersebut bisa dimiliki dengan Rp 50 ribuan hingga Rp 200 ribuan.


Cara Cuci Muka untuk Miliki Kulit 'Suppin' Seperti Wanita Jepang
(ami/hst)