Teknik Cuci Wajah Triple Cleansing untuk Kulit Lebih Bersih Bebas Jerawat

Silmia Putri - wolipop Minggu, 17 Feb 2019 16:22 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Bagi para beauty lovers, istilah double cleansing sudah tak asing lagi. Pembersihan dua tahap sudah dikenal satu dekade ini untuk membersihkan wajah dengan lebih optimal.

Double cleansing biasanya terdiri dari dua bagian. Pertama, kita harus menggunakan milk cleanser atau micellar water. Kemudian kita akhiri dengan membersihkan wajah menggunakan facial foam.

Teknologi kecantikan terus berkembang. Alat make up pun terus bertambah dengan inovasi tiada henti. Tak sedikit produk-produk waterproof yang semakin sulit dibersihkan dengan pembersihan dua tahap.

Mengiringi perkembangan tersebut, produk pembersih wajah juga ikut berinovasi. Tak lagi dua tahap, kini kita perlu melakukan tiga tahap pembersihan atau triple cleansing untuk hasil optimal. Bedanya, tiga tahapan ini bisa terdiri dari produk yang berbeda-beda.

Pembersihan tahap pertama menggunakan produk berbahan dasar minyak. Produk paling populer adalah eye make up remover yang berfungsi mengangkat make up mata yang waterproof. Selain itu, pembersih area mata dan bibir memang seharusnya memiliki kandungan yang lebih lembut.

Area mata dan bibir memiliki tekstur kulit yang lebih tipis. Untuk itu disarankan untuk menggunakan pembersih khusus. Tak hanya di daerah mata, produk berbahan dasar minyak juga mulai banyak dipilih untuk membersihkan wajah dari make up yang tebal.

Kita mengenal cleansing oil dan cleansing balm. Beberapa di antara produk itu ada yang bisa langsung luruh saat dibilas dengan air. Namun, banyak pula produk cleansing balm yang harus dibersihkan terlebih dahulu dengan micellar water. agar tidak ada minyak yang tersisa. Di sinilah kita memasuki tahap kedua pembersihan.

Baru setelah yakin seluruh make up dan sisa minyak terangkat, kita bisa membilasnya dengan cleansing foam. Saat membersihkan wajah dengan cleansing foam, kita juga bisa menggunakan alat khusus. Pembersih berupa sikat halus yang bergetar sedang banyak dipakai para beauty blogger.

Namun, perlu diingat, proses tiga tahap pembersihan atau triple cleansing ini tak perlu dilakukan setiap hari. Pilih triple cleansing hanya ketika kita menggunakan make up berat atau saat memakai produk yang waterproof. Jika terlalu keras membersihkan wajah, kulit akan terkikis dan menjadi lebih kering.


(sil/ami)