Cantik Tak Harus Mahal, Ini 5 Trik dari Ahli yang Harus Kamu Tahu

Silmia Putri - wolipop Kamis, 10 Jan 2019 19:05 WIB
Tips cantik dari ahli. Foto: shutterstock Tips cantik dari ahli. Foto: shutterstock

Jakarta - Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak perawatan kecantikan yang ditawarkan. Harganya pun fantastis, sekali perawatan laser saja bisa mengocek harga hampir Rp 1 juta.

Sebelum melakukan perawatan mahal, ada beberapa trik merawat kulit dan rambut yang lebih sederhana tapi sering dilupakan. Beberapa ahli kecantikan mulai dari MUA (Make Up Artist) dan pemilik salon mengungkap trik tersebut kepada Daily Mail. Berikut ulasannya.


1. Mencuci Wajah Setelah Pakai Make Up Remover

Ada beberapa orang yang menganggap wajahnya sudah bersih setelah pakai make up remover. Namun, menurut MUA (Make Up Artist) Mia Hawkswell, mascara dan eyeliner jika tidak dibersihkan maksimal bisa menyebabkan iritasi pada mata.

Kulit sekitar mata lebih tipis dan rentan iritasi. Make up remover biasanya meninggalkan residu yang harus dibersihkan kembali menggunakan air dan facial wash.

2. Jangan Mewarnai Rambut di Rumah

Cantik Tak Harus Mahal, Ini 5 Trik dari Ahli yang Harus Kamu TahuJangan mewarnai rambut sendiri di rumah. Foto: Thinkstock

Mewarnai rambut di rumah memang lebih murah, praktis, dan santai. Namun, hal ini bisa menyebabkan banyak dampak buruk karena bahan kimia yang dikandung pewarna rambut. Untuk itu, kita harus lebih berhati-hati memilihnya.

Pemilik salon RAW Salon, Anthony Nader, juga tidak menyarankan mewarnai rambut di rumah. Selain kandungan pewarna yang mungkin tidak cocok, hasil mewarnai rambut di rumah bisa kurang rapi.

3. Mencuci Extension Rambut Setelah Berenang di Pantai

Perawatan extension rambut juga harus lebih maksimal karena ia mengandung zat-zat khusus. Salah satu cara sederhana tapi sering dilupakan adalah mencuci rambut dengan maksimal setelah berenang di pantai.

Kandungan garam dari air laut akan membuat extension rambut semakin kering dan menurunkan kualitasnya. Hal ini juga berlaku untuk rambut aslimu. Pastikan membilas rambut setelah berenang di pantai.



4. Tidak Hanya Merawat Kulit Wajah Saja

Meskipun kulit wajah jadi pemandangan utama tubuh kita, perawatan kulit jangan sampai berhenti di wajah saja. Lakukan eksfoliasi kulit hingga bagian dada. Begitupun dengan merawat kelembapannya.

Melanie Grant, seorang ahli kecantikan yang sering merawat kulit selebriti mengemukakan pentingnya memiliki kulit yang terhidrasi, dewy, tak hanya di wajah saja tapi juga sampai kulit leher dan dada agar terlihat merata.

5. Sunscreen Sama Pentingnya dengan Eksfoliasi

Cantik Tak Harus Mahal, Ini 5 Trik dari Ahli yang Harus Kamu TahuPentingnya memakai sunscreen. Foto: Thinkstock


Masih banyak orang yang melewatkan sunscreen. Dibanding dengan facial di salon, eksfoliasi dengan masker, aplikasi sunscreen sama pentingnya. Selalu gunakan sunscreen untuk merawat kulit dari sinar UVA dan UVB.

Efeknya mungkin tidak terlihat sekarang, tapi di masa mendatang. Menggunakan sunscreen menjadi salah satu langkah merawat kulit dari penuaan dini karena bisa menjauhkan kulit dari flek hitam.
(sil/sil)