Ibu dan Anak Ini Tak Pakai Sampo Setahun, Apa Jadinya?

Silmia Putri - wolipop Selasa, 08 Jan 2019 08:45 WIB
Foto: Instagram/bush_bambinis Foto: Instagram/bush_bambinis

Jakarta - Pernah membayangkan hidup tanpa sampo? Apa jadinya jika tak pernah pakai sampo dalam satu bulan hingga satu tahun? Selama ini, kita terbiasa 'keramas' menggunakan produk sampo yang dijual di pasaran.

Namun, seorang wanita asal New South Wales, Australia bernama Virginia Tapscott melakukan sebuah gebrakan yang cukup mengejutkan. Ia memutuskan untuk tidak memakai sampo untuk setahun.

Tak sendiri, Virginia pun mengajak kedua anak balitanya melakukan hal yang sama. Namun, tak berarti Virgina tak membersihkan rambut atau keramas. Ada alasan mulia di balik keputusannya itu.

Ibu dan Anak Ini Tak Pakai Sampo Setahun, Apa Jadinya?Foto: Instagram/bush_bambinis

Virginia menyadari ada banyak kandungan kimia 'aneh' yang terkandung dalam sampo. Khususnya saat ia mengandung anak keduanya. Ia merasa harus menghindari bahan kimia tak hanya untuk dirinya tapi juga untuk lingkungan.

Ia pun mencoba untuk keramas tanpa sampo untuk setahun. Ia hanya mencuci rambut dengan air hangat dan sesekali scrubbing kulit kepala menggunakan soda bikarbonat. Virgina melakukan hal yang sama untuk anaknya.

Setelah tepat setahun melakukan gerakan anti-sampo itu, ternyata hasilnya menakjubkan. Virginia merasa rambutnya lebih mudah disisir karena kandungan minyak alami kepalanya. Banyak yang memuji rambut anak-anaknya. Rambut mereka yang keriting terlihat lebih sehat.
Ibu dan Anak Ini Tak Pakai Sampo Setahun, Apa Jadinya?Foto: Instagram/bush_bambinis

'Ketika aku merasa rambutku berminyak, biasanya aku bubuhkan tepung tapioka ke akar rambut dan menyisirkan ke ujung," tutur Virginia dilansir dari Daily Mail.

Dengan membersihkan rambutnya secara alami, Virginia juga merasa rambutnya tidak terlalu lepek atau kering. Rambutnya pun mengeluarkan wangi alami. Ia menyebutnya sebagai 'wangi rambut'.

Menganggap keputusannya ini sukses, Virginia pun melakukan gerakan anti-bahan kimia untuk skin care dan make up-nya. Kini ia hanya memakai beberapa essential oil seperti jojoba oil untuk merawat kulit wajahnya. Virginia juga memakai pasta gigi dan sabun buatan sendiri di rumah.


(sil/ami)