Pria dan Wanita Indonesia Paling Banyak Cari Tren Kecantikan Ini di Google

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 15 Des 2018 10:15 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Internet kini jadi 'asisten kepercayaan' para wanita untuk urusan kecantikan. Menurut data Google: Year In Search 2018, pencarian terhadap perawatan rambut, perawatan wajah dan makeup meningkat hingga 1,5 kali dibandingkan tahun lalu di Indonesia.

Data Google: Year In Search 2018 juga mencatat beberapa temuan menarik seputar perilaku orang-orang Indonesia dalam menjaga penampilan dan kecantikannya. Seperti apa?

1. Di 2018 ini adalah tahun berjayanya merek-merek kecantikan lokal. Peningkatannya cukup signifikan ketimbang tahun lalu. Ada lima brand lokal yang berada dalam daftar 10 brand kecantikan paling dicari di Google tahun ini.

2. Wanita makin mengandalkan YouTube sebagai acuan dalam kecantikan. Data Google mencatat, tahun ini ada 1.600 channel YouTube yang berkaitan dengan kecantikan. Tutorial makeup natural, makeup Korea dan makeup pengantin menjadi tiga pencarian teratas di platform berbasis video itu.

3. Penggemar sheet mask atau masker tisu makin banyak di 2018. Pencarian dengan kata kunci 'sheet mask' meningkat hingga 4,8 kali ketimbang di 2017.


4. Volume pencarian brand 'hijab shampoo' di Google mengalami kenaikan hingga 2,5 kali lipat.

5. Lidah buaya jadi bahan produk kecantikan terpopuler tahun ini. Pencarian terhadap 'aloe vera' meningkat hingga 3,4 kali lipat. Rata-rata mencari produk perawatan kulit, perawat rambut dan perawatan bibir berbahan aloe vera.

6. Untuk urusan membersihkan wajah, primadona di tahun ini adalah micellar water. Pencarian terhadap kata 'micellar water' naik 2,6 kali lipat di kategori produk pembersih wajah.
7. Pria Indonesia makin sadar akan penampilannya. Data Google: Year In Search 2018 menunjukkan ada kenaikan 2,7 kali lipat dalam pencarian brand perawatan pria. Kata kunci 'model rambut pria 2018' juga lebih banyak 1,6 kali lipat ketimbang 'model rambut wanita 2018'.

8. Pencarian kata kunci 'perawatan wajah pria' meningkat hingga dua kali lipat di tahun ini, dibandingkan 2017.
(hst/hst)