Foto Before-After Ratna Sarumpaet yang Operasi Sedot Lemak Pipi

Hestianingsih - wolipop Rabu, 03 Okt 2018 18:40 WIB
Penampilan wajah Ratna Sarumpaet sebelum dan setelah operasi plastik. Foto: Detikcom Penampilan wajah Ratna Sarumpaet sebelum dan setelah operasi plastik. Foto: Detikcom

Jakarta - Ratna Sarumpaet mengaku wajahnya bengkak dan lebam karena operasi plastik, bukan dianiaya sekelompok orang. Dalam konferensi pers di kediamannya, Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (3/10/2018), aktivis wanita tersebut menjelaskan kalau dirinya telah melakukan operasi sedot lemak pipi.

Operasi sedot lemak dilakukan pada area pipi kanan dan kiri, yang menyebabkan seluruh wajahnya bengkak dan lebam-lebam. Prosedur kecantikan itu berlangsung di RS Bina Estetika, Menteng, Jakarta Pusat, dan ditangani oleh dokter bedah plastik bernama Sidik.

"Kedatangan saya ke situ karena kami sepakat beliau akan menyedot lemak di pipi kiri dan kanan saya," ujar Ratna Sarumpaet.

Operasi plastik dilakukan pada 21 September 2018. Dua minggu berlalu pascaoperasi, Ratna pun muncul di hadapan awak media dengan 'wajah baru' nya. Seperti apa penampilan wajah wanita 69 tahun ini sebelum dan sesudah operasi plastik penyedotan lemak?
Foto Before-After Ratna Sarumpaet yang Operasi Sedot Lemak PipiWajah Ratna Sarumpaet sebelum operasi plastik sedot lemak pipi. Foto: Detikcom

Pada foto yang diambil sesaat sebelum ia menjalani operasi plastik, terlihat area pipi, rahang dan dagunya mengendur. Garis ekspresi di bagian hidung dan mulut juga tampak jelas dan dalam.

Ketika memberikan klarifikasi terkait hoaks penganiayaan, Ratna Sarumpaet yang mengenakan hijab krem dan kemeja merah marun memang menampakkan sedikit perubahan pada wajahnya. Pipi ibu empat anak itu tampak lebih kencang dan tirus.

Baca Juga: Ratna Sarumpaet ke Klinik Kecantikan, Ini Kisaran Biaya Operasi Plastik

Area dagu yang sebelumnya terlihat kendur juga menjadi lebih kencang. Sementara garis-garis ekspresi dekat cuping hidung dan bibir memudar.

Dikutip dari The Centre for Cosmetic Surgery, sedot lemak pipi memang merupakan prosedur yang cenderung aman dan efisien untuk membuat kontur wajah lebih terlihat dan mempertegas bentuk rahang. Hasilnya wajah tampak lebih tirus dan muda.
Foto Before-After Ratna Sarumpaet yang Operasi Sedot Lemak PipiWajah Ratna Sarumpaet setelah operasi plastik sedot lemak pipi. Foto: Detikcom

Prosedur ini dilakukan dengan cara membuang sebagian bantalan lemak pada pipi menggunakan jarum khusus yang disebut cannula. Jumlah lemak yang dikeluarkan disesuaikan dengan hasil yang diinginkan pasien.

Baca Juga: Seperti Ratna Sarumpaet, Ini Operasi Plastik Favorit Orang Indonesia

Setelah jaringan lemak dibuang, bantalan lemak pipi yang masih tersisa akan dikembalikan ke posisi awal, sebelum tahap penjahitan dilakukan. Prosedur kemudian dilanjutkan dengan menyuntikkan sel adiposa (struktur utama dalam tubuh yang menyimpan lemak) yang telah dimurnikan ke area-area tertentu pada wajah.

Tahapan ini akan membantu menyamarkan kerutan di antara hidung dan mulut, mengisi volume bibir, meminimalisir garis-garis halus serta membuat wajah tampak lebih muda secara keseluruhan.



Tompi Jelaskan Apa yang Terjadi pada Pasien Setelah Bedah Plastik, tonton videonya di sini:

(hst/hst)