Waspada Jika Merasa Tak Cantik, Bisa Picu Gangguan Mental hingga Anoreksia

Kiki Oktaviani - wolipop Rabu, 26 Sep 2018 08:14 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Faktanya, 84% wanita Indonesia merasa tidak cantik. Penelitian yang dilakukan Dove di 2017 itu tentu saja mengejutkan sekaligus miris.

Merasa tidak cantik dan jadi minder bukanlah persoalan sepele. Jika wanita terus merasa seperti itu, maka bisa mengalami gangguan mental.

Begitu menurut psikolog klinis Tara de Thouars dalam acara Dove 'Ragam Kecantikan Wanita Indonesia' di restoran Eastern Opulence, Kebayoran, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2018).

Waspada Jika Merasa Tak Cantik, Bisa Picu Gangguan Mental hingga AnoreksiaIlustrasi wanita menatap wajah di cermin. Foto: iStock

Terlebih lagi ranah digital kini semakin kuat. Hadirnya media sosial berbasis fotografi seperti Instagram bisa membuat wanita jadi sering membandingkan diri dengan penampilan orang lain. Misalnya saja selebgram, influencer atau artis.

"Kita sering membandingkan diri. Biasanya ketika kita melihat foto orang lain, kita mencari kelebihan dari orang lain tersebut kemudian membandingkan dengan diri kita. Kemudian secara mental jadi drop," ujar Tara.

Menurut Tara, ketika wanita sudah terlalu mendalam merasa tak cantik maka akan berpengaruh pada kesehatan mental. Berawal dari seringnya membandingkan diri, kemudian minder dan lama-kelamaan terjadi gangguan mental.
Waspada Jika Merasa Tak Cantik, Bisa Picu Gangguan Mental hingga AnoreksiaIlustrasi wanita sedih. Foto: Thinkstock

"Bisa jadi depresi, gangguan tidur atau gangguan makan atau bisa juga jadi anoreksia buat yang ingin kurus," ungkap psikolog yang praktek di
RSJ Sanatorium Dharmawangsa itu.

Tara menyarankan bahwa wanita tidak perlu terus-menerus membandingkan diri dengan orang lain. Setiap orang memiliki kecantikan yang berbeda dan keunikan masing-masing.

"Cantik bukan membandingkan tapi menyadari. Karena sebenarnya persepsi cantik berubah-ubah tergantung dengan wajah yang sering kita lihat," pungkasnya. (kik/hst)