Kosmetik Jadi Faktor Terbanyak yang Buat Wanita Berjerawat

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 29 Jun 2018 17:40 WIB
Ilustrasi wajah wanita berjerawat. Foto: Dok. Thinkstock Ilustrasi wajah wanita berjerawat. Foto: Dok. Thinkstock

Jakarta - Tumbuhnya jerawat di wajah kerap jadi masalah bagi wanita karena mengganggu penampilan. Apa sebenarnya penyebab timbulnya jerawat di kulit?

Menurut ahli estetika dr. Dinda Fitriningtias, penyebab jerawat salah satunya adalah genetik. Namun, yang paling banyak berpengaruh memicu timbulnya jerawat bagi wanita adalah penggunaan kosmetik.

"Jurnal menginfokan bahwa yang paling banyak memicu jerawat bagi wanita adalah kosmetik, yang kedua hormonal," kata Dinda pada acara launching klinik Zap Beauty di Jl. Jend. Sudirman, Bandar Lampung, Jumat (29/6/2018).

Menurut Dinda masalah jerawat sebenarnya adalah hal yang sederhana, yang terpenting adalah mengurangi kosmetik. Meskipun faktor lainnya seperti kulit berminyak dan pola makan juga bisa menyebabkan jerawat, namun yang harus diperhatikan adalah kosmetik.

Baca Juga: Nggak Ada Manusia Sempurna, Buktinya 10 Artis Ini Pernah Berjerawat Parah

"Sebenarnya jerawat itu simpel yang penting kurangin kosmetik aja, kalau mau tetap pakai, bisa pilih misalkan bedak seperti water based yang lebih ringan, atau non comedogenic," ungkapnya.

Selain itu bagi wanita yang bermasalah dengan jerawat di kulit wajahnya juga tak dianjurkan untuk memakai produk kosmetik yang bertujuan memutihkan. Hal tersebut menurut Dinda dapat menyebabkan iritasi.

"Produk-produk brightening itu bisa bikin iritasi, kalau masih jerawatan nggak boleh. Yang nggak boleh juga biasanya ada kandungan AHA," imbuhnya.


(agm/eny)