Perlu Tahu! Tone Kulit Kamu Hangat atau Dingin dengan Cara Ini

Hestianingsih - wolipop Sabtu, 27 Jan 2018 13:20 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Warna kulit manusia tidak sekadar cerah atau gelap, putih atau hitam. Warna kulit dikategorikan lagi menjadi dua, tone hangat dan tone dingin.

Mengetahui tone kulit akan memudahkan kamu memilih warna baju, aksesori maupun makeup yang bisa membuat penampilan lebih cerah dan terang. Masuk ke kategori manakah kulitmu? Su Jin Bae, seorang personal color expert memberikan tips mudah untuk mengetahuinya.

"Cool tone didasari biru seperti pastel dan pink. Sedangkan warm tone didasari kuning. Biasanya didominasi warna-warna gelap dan solid," jelas Su Jin Bae saat acara peluncuran My Palette Innisfree di Doubletree by Hilton, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (26/1/2018).

Pakar warna asal Korea Selatan ini juga menjelaskan pemilik kulit dengan tone hangat umumnya lebih cocok memakai warna-warna gelap atau pastel yang cenderung ke peach. Sementara tone dingin akan terlihat lebih cerah mengenakan warna lembut dan cerah. Misalnya pink, biru dan ungu.

"Tone kulit warm kalau pakai warna-warna cool jadi kelihatan lebih pucat. Sebaliknya tone cool pakai warna warm jadi lebih gelap kulitnya," terang Su Jin Bae lagi.

Cara lainnya untuk mengetahui tone kulit adalah dengan memakai lipstik warna oranye atau pink. Pulaskan lipstik oranye atau pink ke bibir lalu lihat pantulan wajah di cermin.

Jika wajah terlihat lebih cerah saat memakai lipstik pink, maka warna kulitmu termasuk kategori tone dingin. Sebaliknya jika lipstik oranye yang membuat wajahmu tampak cerah dan terang, kamu memiliki tone kulit hangat.

Tapi pemilik tone hangat bukan berarti tidak bisa memakai warna-warna dingin, atau sebaliknya. Kamu tetap bisa berkreasi dengan makeup berbagai warna asalkan tahu porsi pemakaiannya.

Makeup artist asal Korea Selatan, Eunji Kim, menyarankan untuk memakai warna yang bertolak belakang dengan tone kulit pada satu bagian wajah saja. Misalnya hanya di mata, pipi atau bibir.

"Pastikan pakai di satu bagian wajah saja. Bagian wajah lainnya sebaiknya pakai sesuai tone kulit. Biar semuanya lebih cantik dan wajah lebih cerah," pungkas Eunji Kim. (hst/ami)