4 Manfaat Minyak Kelapa untuk Merawat Kecantikan

Alisa Kintan - wolipop Senin, 22 Jan 2018 07:36 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Minyak kelapa tidak hanya bisa digunakan sebagai bahan masakan. Di dunia kecantikan, minyak kelapa terkenal memiliki banyak manfaat. Untuk apa saja? Ini berbagai kegunaan minyak kelapa untuk perawatan kecantika, seperti dikutip dari This Is Insider.

1. Menghapus makeup
Founder Epionce Skincare, Dr. Carl Thornfeldt, mengatakan bahwa minyak kelapa aman digunakan sebagai penghapus makeup. Celupkan kapas ke dalam minyak kelapa, lalu usapkan pada wajah untuk menghapus makeup. Keringkan wajah dengan tisu, setelah itu bersihkan wajah menggunakan facial foam dan dilanjutkan dengan toner.

Namun bagi Anda yang kulitnya berjerawat, perlu berhati-hati menggunakan produk ini. Salah-salah bisa memperparah kondisi kulit

"Kandungan minyak memiliki antioksidan yang dapat menenangkan kulit jika terkena iritasi, namun seperti minyak pada umumnya, penggunaan minyak kelapa pada kulit yang rentang berjerawat dapat menimbulkan komedo, juga dapat menyumbat pori-pori, sehingga sebaiknya digunakan sesuai anjuran dokter," kata dermatologist Kathleen Suozzi.

Suozzi juga mengatakan minyak kelapa bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif, atau bahkan dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan alergi yang dinamakan allergic contact dermatitis. Untuk kulit sensitif, ia menyarankan cara menggunakan minyak kelapa yang benar adalah dengan menggunakan hanya seujung jari, lalu diratakan ke seluruh wajah. Kemudian basuh muka dengan air hangat untuk menghapus sisa minyak.

2. Mencukur Rambut Kaki
Penggunaan minyak kelapa dapat melindungi kulit dari iritasi setelah mencukur rambut di tubuh.

"Minyak kelapa dapat digunakan sebagai moisturizer yang dapat membantu melapisi permukaan kulit," kata Suozzi.

Cukup ambil sedikit minyak kelapa ketika sedang mandi dan cukur rambut seperti biasa.
4 Manfaat Minyak Kelapa untuk Merawat KecantikanFoto: Getty Images

3. Melembutkan Bibir
Minyak kelapa dapat menggantikan lip balm untuk melembapkan bibir yang kering. Sonya Dakar, pakar kecantikan dari Sonya Dakar Skin Clinic mengatakan bahwa kandungan minyak kelapa serupa dengan lip balm.

"Cukup ambil sedikit minyak kelapa kemudian taruh di wadah kecil agar lebih mudah kamu bawa kemana-mana," kata Dakar.

4. Sebagai Pengganti Mouthwash
Menurut dokter gigi Mark Burhenne dari American Dental Association, minyak kelapa dapat menggantikan produk pencuci mulut atau mouthwash yang biasa dijul di pasaran. Kandungan vitamin E, juga lauric acid yang mengandung antibakteri dan antijamur pada minyak kelapa bisa membantu membersihkan mulut setelah sikat gigi.
(hst/hst)