Laporan dari Bangkok

Menurut Pakar, Ini Bentuk Wajah Wanita Asia yang Cantik dan Ideal

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 09 Nov 2017 19:01 WIB
Foto: Anggi Mayasari/Wolipop
Bangkok - Menilai seseorang cantik atau tidak bisa dibilang merupakan sesuatu yang subjektif atau pandangan tersendiri sesuai selera. Tapi dunia estetika mengenal Golden Ratio untuk mengukur idealnya atau proporsional kecantikan seseorang.

Dalam acara Pertemuan tahunan ke-38 International Society for Dermatology Surgery (ISDS) 2017, Merz Aesthetics, perusahaan penyedia teknologi perawatan kecantikan non-bedah mengumumkan 11 wajah Asia paling proporsional. Ajang pencarian ini dilakukan di 11 negara Asia yang berasal dari Hongkong, India, Indonesia, Korea, Malaysia, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

Ajang pencarian Golden Research ini menunjukkan bahwa wajah proporsional tak memandang suku ataupun batas geografis. Sementara itu, penghitungan Golden Ratio ini bertujuan untuk memberi informasi dan pemahaman tentang proporsi serta daya tarik wajah.
Menurut Pakar, Ini Bentuk Wajah Wanita Asia yang Cantik dan IdealFoto: Anggi Mayasari/Wolipop

"Golden Ratio dapat memberikan cara-cara terbaik untuk membentuk wajah dan beragam perawatan kecantikan untuk mengubah wajah bagian atas, tengah, dan bawah. Tentunya dokter kecantikan perlu memahami anatomi dan karakteristik wajah wanita Asia agar dapat memberikan rekomendasi yang cocok," kata Dr Yates Chao, dermatologist asal Taiwan di Shangri-la Hotel Bangkok, Thailand, Kamis (9/10/2017).

Diadakan selama tiga bulan dengan partisipan berusia 21 hingga 64 tahun, ajang pencarian Golden Ratio ini menemukan bahwa wajah oval merupakan bentuk wajah paling cocok dan sesuai dengan perhitungan Golden Ratio. Baik dari proporsi panjang dan lebar wajah, proporsi wajah horizontal, dan proporsi simetri wajah. Wanita yang memiliki proporsi dan bentuk wajah seperti itu, dikatakannya akan terlihat lebih menarik dan cantik.

Para dokter kecantikan juga berkesimpulan bahwa bentuk wajah yang paling ideal untuk wanita Asia adalahh oval. Berdasarkan penghitungan Golden Ratio tersebut, Merz pun meluncurkan buku pedoman medis yang dapat membantu dokter kecantikan mencapai bentuk wajah Asia Proporsional.

"Di Asia, banyak pasien yang mulai melakukan perawatan kecantikan sejak masih muda. Mayoritas melakukan perawatan untuk mengubah, mempercantik, atau memperbaiki bagian wajah yang kurang proporsional. Berbeda dengan pasien Kaukasia yang biasanya melakukan perawatan wajah agar tampil lebih muda atau menghilangkan masalah yang muncul akibat penuaan," ujar Atchima Suwanchinda, konsultan dermatologist dan Medical Director dari Medisci Biointegrative and Antiaging Center Bangkok.
Menurut Pakar, Ini Bentuk Wajah Wanita Asia yang Cantik dan IdealFoto: Anggi Mayasari/Wolipop

Ia melanjutkan, "Ini tentunya akan menjadi tantangan apabila para dokter kecantikan menangani pasien Asia karena beda bentuk wajah beda pula masalah dan rekomendasi perawatan yang perlu diberikan pada pasien. Itulah sebabnya kami membuat buku pedoman wajah proporsional yang berisikan rekomendasi perawatan dan terapi kecantikan khusus ditujukan kepada wanita Asia."

Golden Ratio untuk wajah wanita Asia ternyata berbeda dengan wanita ras Kaukasia. Dalam penelitian sebelumnya yang dilakukan para ilmuwan di Temple University School of Medicine, wajah berbentuk hati yang punya proporsi paling sempurna.

Seperti dikutip dari Daily Mail, mereka mengungkap jika wajah cantik secara matematis umumnya punya jarak antar kedua pupil mata sejauh 59,2 mm. Sedangkan jarak vertikal antara mata dengan tulang pipi adalah 13,1 mm. Hitungan tersebut pun sesuai dengan bentuk wajah hati. (agm/hst)