Zee Zee Shahab Lebih Teliti Pilih Kosmetik Setelah Berhijab

Anggi Mayasari Violita Utami - wolipop Kamis, 30 Mar 2017 15:41 WIB
Foto: Noel/detikHOT
Jakarta - Setelah berhijab, presenter dan aktris Zee Zee Shahab mengaku menjadi lebih selektif dalam memilih kosmetik. Dia lebih memilih kosmetik yang halal agar lebih memudahkannya dalam menjalakan aktivitas sehari-hari termasuk beribadah.

Sebelum berhijab, Zeze tidak memahami kalau produk kosmetik yang digunakannya mengandung bahan yang dilarang dalam ajaran Islam. Setelah mencari tahu dari internet, barulah dia sadar mengenai kandungan bahan dari kosmetik yang dipakainya ternyata haram. Dia pun berhenti memakainya.

"Dulu di Indonesia ini produk kosmetik belum terlalu happening. Jadi kita pakai produk dari luar, ada beberapa kode yang kita tidak mengerti ternyata itu mengandung hal-hal yang haram. Pas tahu itu haram akhirnya setelah pembelian ketiga aku stop," cerita aktris 28 tahun itu kepada Wolipop saat ditemui Wolipop di D'consulate Lounge, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/3/2017)

Zee Zee mengaku berhenti memakai produk kosmetik yang tidak berlabel halal karena khawatir pada efek sampingnya. "Efeknya nggak sekarang sih ya. Karena skin care yang bentuknya adiktif kalau kita berhenti itu bisa mengubah wajah. Pengalaman teman-teman seperti itu ya," kata bintang film 'Ada Surga di Rumahmu' itu.

Ibu satu anak itu memilih kosmetik yang label halalnya jelas karena bukan hanya membuatnya semakin percaya diri tapi juga memudahkannya untuk mengambil wudhu saat akan menunaikan ibadah salat. Saat hendak salat dia tidak perlu lagi menghapus makeup yang sebelumnya tidak jelas halal atau haramnya.

"Sebelumnya mungkin nggak sedetail ini. Selain itu juga kan sebagai bentuk pertanggungjawaban kita sama Tuhan karena barang-barang haram itu pasti mudharatnya lebih banyak dari yang halal," tutur Zee Zee.

Selain produk kosmetik yang halal, Zee Zee juga menambahkan pentingnya menggunakan produk yang terbuat dari bahan-bahan alami. Ia juga menghindari produk yang mengandung merkuri karena dampaknya akan berbahaya dan bisa menyebabkan kanker kulit.

"Dalam setahun kita pakai rutin produk yang tidak alami seperti mengandung merkuri, tiba-tiba tahun kedua kita tidak pakai, itu ada noda-noda di wajah bintik-bintik hitam atau flek," ungkapnya. (eny/eny)