4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggunakan Bedak Tabur

Intan Kemala Sari - wolipop Rabu, 13 Jul 2016 16:10 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Bedak tabur biasa digunakan para wanita untuk menyempurnakan riasan alas bedak dan concealer agar makeup lebih tahan lama. Selain itu, bedak tabur juga lebih tepat digunakan untuk pemilik wajah yang sensitif atau berjerawat karena tidak menyumbat pori-pori.

Namun sayangnya, masih banyak para wanita yang masih kurang tepat dalam menggunakan bedak tabur. Berikut beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan bedak tabur seperti yang dilansir dari Allure :

1. Tidak Paham Jenis Bedak Tabur
Menurut makeup artist Kristen Stewart dan Katy Perry, Beau Nelson, ada beberapa tipe bedak tabur yang biasa digunakan. Yang pertama yang memiliki kandungan mineral yang digunakan sebagai pengganti alas bedak. Namun ia tidak menyarankan untuk menggunakan bedak tabur mineral jika Anda tidak ingin menggunakan riasan yang terlalu berat.

"Bedak tabur lainnya ada dua jenis yang biasa disebut setting powder, yaitu yang transparan dan berwarna. Bedak tabur berwarna berguna untuk mengoreksi warna kulit, mencerahkan wajah, dan menutupi wajah kemerahan. Sedangkan bedak tabur transparan tidak mengubah warna alas bedak dan gunanya untuk membuat riasan lebih tahan lama," kata Beau.

2. Bedak Terasa Berat Saat Dipakai
Setelah menemukan bedak tabur yang sesuai dengan Anda, pastikan bahwa bedak tersebut ringan saat dipakai. Dituturkan oleh makeup artist Daniel Chincilla yang merupakan makeup artist Ariana Grande, setting powder yang berat digunakan dapat membuat alas bedak terlihat menggumpal dan riasan menjadi kurang sempurna.

3. Menunggu Alas Bedak Kering
Daniel menjelaskan, satu-satunya cara membubuhkan bedak tabur agar hasilnya sempurna adalah menekannya ke kulit saat alas bedak selesai dipulaskan. Anda bisa mengunakan spons atau kuas bedak yan ujungnya datar.

"Menekan bedak ke dalam kulit dapat mencegah alas bedak hilang sehingga lebih tahan lama. Jadi jangan tunggu alas bedak mengering karena riasan akan cakey dan kulit terlihat kering," katanya.

4. Alas Bedak Tidak Dibaurkan
Valery Gherman, penata rias yang pernah mendandani Kate Upton dan Chanel Iman mengatakan jika alas bedak yang dibaurkan secara sempurna adalah dasar utama pulasan bedak yang sempurna. Biasanya ia membaurkan alas bedak dengan kuas hingga menyatu dengan kulit sehingga bedakpun cepat menyerap ke kulit.

"Jika ada bagian wajah yang masih terasa 'berat', aku akan menepuk-nepuk bagian itu dengan spons untuk menyerap alas bedak yang tersisa sebelum menggunakan bedak," tutup Valery. (itn/itn)