Make-up Wajah Mabuk Jadi Tren di Jepang, Seperti Apa?

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 03 Agu 2015 16:44 WIB
Dok. Instagram Haruka Shimazaki
Jakarta -

Selain fashion, Jepang juga dikenal dengan tren kecantikan yang unik. Jika belum lama ini tampilan wajah pucat seperti orang sakit digemari para wanita di sana, kali ini hadir tren baru yang juga tidak biasa. Yakni riasan wajah mabuk. Seperti make-up wajah pucat, riasan orang mabuk ini juga bermaksud agar mereka tampak lelah dan tak berdaya sehingga dikasihani dan dilindungi para pria. Seperti apa tampilannya?

Tren riasan wajah yang dijuluki hungover make-up tersebut kabarnya terinspirasi oleh pengalaman mabuk para wanita Jepang. Dikutip dari RocketNews 24, banyak wanita pulang dengan keadaan mabuk setelah minum-minum bersama kawan. Karena mabuk, mereka pun lupa untuk menghapus riasan dan langsung tertidur. Alhasil, di pagi hari make-up mereka jadi luntur dan berantakan.

Menurut situs Come to Japan, riasan tersebut dipopulerkan oleh penata rambut sebuah salon kecantikan bernama Igari Shinobu. Tren make-up itu pun sering disebut Igari Make-up. Karena terlihat imut dan manis, teknik make-up tersebut diterapkan oleh beberapa media dan majalah yang kemudian ditiru oleh banyak wanita. Salah satu artis yang sering mengaplikasikannya adalah Haruka Shimazaki dari girl band AKB48 asal Jepang.

Baca Juga: 50 Inspirasi Gaya Hijab Selebgram

Jika belum melihat tampilannya, Anda mungkin menilai jika make-up ala orang mabuk akan tampak berantakan dan tidak cantik. Namun kenyataannya riasan mabuk ini cukup terlihat segar dan tidak mencolok. Hangover make-up juga menonjolkan sisi lugu seorang wanita sehingga Anda bisa terlihat lebih muda.

Teknik riasan ini terinspirasi dari wajah merah yang biasanya dialami orang mabuk. Untuk itu, kosmetik paling penting untuk menerapkan riasan tersebut adalah blush on. Blush on ditempatkan di bawah mata dengan bentuk membulat. Blush on pun tidak perlu berwarna merah, bisa juga pink, oranye, atau ungu muda. Igari Shinobu pun menganjurkan untuk menggabungkan dua warna skaligus sehingga kulit tampak sehat dari dalam.

Sisanya, riasan hanya perlu diaplikasikan secara natural. Biasanya para wanita yang ingin menerapkan teknik ini hanya perlu memakai eyeliner dan eyeshadow secara samar sehingga tampak pudar. Ada pula beberapa yang memakai foundation yang membuat kulit bercahaya serta glitter. Lipstik juga dipilih yang warnanya lembut seperti pink.

Untuk melengkapi tampilan make-up ini, Anda juga bisa menerapkan gaya rambut unik yang sedang tren yaitu rambut basah. Tren bertajuk ofero-gao itu menampilkan rambut yang terlihat basah untuk menonjolkan kombinasi gaya lugu dan seksi. Tertarik untuk mencoba?

(ami/ami)