Rahasia Kulit Cantik Berkilau Cate Blanchett, Minyak Burung Australia

- wolipop Sabtu, 10 Jan 2015 13:35 WIB
Dok. Getty Images
Jakarta -

Cate Blanchett memiliki kulit wajah yang berkilau sehat, kencang dan tampak muda meski usianya sudah 45 tahun. Bintang film 'The Lord of the Rings' ini pun didapuk sebagai brand ambassador sejumlah produk kecantikan, salah satunya SK-II.

Di samping menjaga kecantikan kulitnya dengan produk-produk perawatan ternama, ternyata Cate juga memakai cara tradisional. Aktris asal Australia itu memakai produk yang berasal dari tanah kelahirannya sendiri, yaitu minyak emu.

Seperti dikutip dari Daily Mail, Cate menyatakan bahwa minyak emu yang selalu ia bawa di dalam tas kosmetiknyalah yang menjadi rahasia ia dapatkan wajah muda dan berkilau. Minyak itu ia gunakan pada wajah sebagai bagian dari ritual kecantikannya setiap hari.

"Aku biasanya memakai krim dasar, dan face oil, seperti minyak emu dari Australia. Minyak ini berasal dari (hewan) emu dan sangat menutrisi. Sebenarnya aku lebih memilih pakai minyak daripada krim untuk wajah," tutur Cate.

Ibu tiga anak ini menjelaskan, dalam kebudayaan tradisional Australia, minyak emu adalah perawatan yang pertamakali dioleskan pada bayi karena sangat melembabkan. Minyak ini juga merupakan perawatan dasar bagi kulit.

Minyak emu merupakan minyak esensial yang berasal dari emu, hewan khas Australia. Emu adalah jenis unggas kedua terbesar setelah burung unta. Tinggi burung emu bisa mencapai 1,9 meter dengan tekstur bulu yang halus dan berwarna cokelat.

Minyak emu didapat dengan mengekstraksi jaringan lemak dari punggung burung emu. Minyak ini telah digunakan suku Aborigin sejak ribuan tahun lalu hingga sekarang karena khasiatnya yang menenangkan dan melembabkan kulit.

Selain merawat kecantikan, minyak burung emu juga diyakini sebagai anti peradangan alami. Studi dari Victoria University di Melbourne menunjukkan bahwa minyak emu bisa meredakan sakit pada penderita reumatik di tangan saat dioleskan.

Cate juga menyatakan bahwa minyak emu pun bisa digunakan untuk merawat luka terbuka pada kulit dan terbakar akibat sinar matahari. Selain Cate, Oprah Winfrey, Charlize Theron, Beyonce dan Demi Moore juga penggemar minyak yang dikemas dalam botol kecil maupun besar tersebut.

(hst/fer)