Penyebab & Solusi Kulit Kering

- wolipop Selasa, 20 Jul 2010 10:30 WIB
Jakarta - Kulit kering bisa disebabkan oleh pengaruh cuaca, polusi dan penggunaan kosmetik yang tidak tepat. Solusi jitu untuk Anda yang memiliki kulit yang kering adalah dengan mengetahui terlebih dahulu secara detail kondisi lapisan kulit yang ada pada kulit kering.

Kulit kering mempunyai lapisan kulit yang terbilang tipis, begitu pula dengan pori-pori yang tidak terlihat dan nampak kusam. Hal ini akan membuat Anda tampak lebih tua dari usia Anda sebenarnya. Berikut beberapa tips dan solusi untuk membebaskan kulit dari kekeringan:

1. Hindari terlalu banyak kulit terkena AC dan sinar matahari. Gunakan selalu tabir surya jika berada di udara terbuka, gunakan tabir surya yang mempunya SPF sekurangnya 15.

2. Jangan merendam tubuh di air terlalu lama dan lebih baik gunakan air hangat dari pada air dingin atau panas untuk mandi. Jangan sering membasuh wajah. Untuk kulit yang sangat kering, lebih baik jika membasuh wajah dengan sabun pembersih hanya sekali sehari, lebih baik pada malam hari. Di pagi hari, basuh wajah dan tubuh dengan air dingin, setelah itu gunakan pelembab.

3. Gunakan pelembab setiap hari. Bila kulit Anda sensitif, gunakan pelembab yang tidak mengandung parfum atau lanolin, untuk kulit normal cenderung kering, gunakan krim pelembab.

4. Minum yang banyak, sekitar 2-3 liter perhari, agar kulit Anda tidak kusam. Alangkah baiknya jika diselingi dengan rajin mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.

5. Rajin gunakan krim malam. Di saat malam hari, kulit akan beristirahat dan krim malam akan bekerja untuk meremajakan kulit secara maksimal. Nikmati tidur Anda selama delapan jam.'

6. Batasi konsumsi kopi dan alkohol yang akan membuat Anda mudah dehidrasi.

7. Konsumsilah vitamin A dan E yang tersedia di setiap toko obat dan temukan keajaiban vitamin yang dapat memulihkan sel kulit.

Langkah - langkah tersebut bisa bekerja secara efektif untuk menghilangkan kekeringan kulit. Dalam kasus yang ekstrim Anda harus berkonsultasi pada dokter kulit.

(kik/fer)