ADVERTISEMENT

Hari Jomblo Sedunia: Dirayakan Para Lajang, Dimanfaatkan Pemburu Diskon

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Jumat, 11 Nov 2022 13:33 WIB
Ilustrasi Hari Jomblo Sedunia. Ilustrasi wanita merayakan Hari Jomblo Sedunia. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Para jomblo, kini bukan waktunya lagi meratapi nasib atau bersedih karena belum punya pasangan. Tapi inilah saatnya bersukacita dan menikmati hidup, sebab di hari ini, Jumat (11/11/2022), adalah Hari Jomblo Sedunia.

Setiap 11 November (11.11), diperingati sebagai Hari Jomblo Sedunia oleh sebagian warga di berbagai belahan dunia, khususnya China. Bahkan di hari tersebut, meskipun bukan hari libur nasional, perusahaan di Negeri Tirai Bambu meliburkan pria dan wanita yang masih lajang untuk merayakan 'kesendirian' mereka.

Seperti dikutip dari Day Translations, China menjadi pelopor Hari Jomblo Sedunia atau dikenal juga dengan Singles Day. Dalam bahasa China, Singles Day disebut Guanggun Jie yang artinya 'liburan untuk para jomblo'.

Perayaan Hari Jomblo Sedunia sangat populer di kalangan anak muda China yang bangga dengan status lajang mereka. Sebab menjadi jomblo bukanlah sesuatu yang menyedihkan tapi justru membuat mereka lebih bebas melakukan apa yang diinginkan.

Hari Jomblo Sedunia pertama kali dimulai pada 1990, tapi baru rutin diperingati pada 1993, ketika para siswa yang masih jombli merayakannya di bulan November. Tanggal 11.11 sengaja dipilih karena menurut mereka angka 1 adalah angka kesepian.

Awalnya perayaan Hari Jomblo Sedunia dilakukan secara sederhana. Hanya dengan berlibur bareng sesama lajang dan diramaikan berbagai aktivitas seperti berbagi makanan.

Hari Jomblo Sedunia kemudian dimanfaatkan Jack Ma, pendiri Alibaba, untuk meningkatkan penjualan di situs e-commerce miliknya. Salah satu orang terkaya di dunia itu kemudian menjadikan 11.11 sebagai hari belanja online dengan berbagai penawaran diskon yang menggiurkan.

Strategi Jack Ma nyatanya berhasil. Pada 2017 saat Hari Jomblo Sedunia dirayakan, banyak pembeli yang bertransaksi lewat situs jual-beli Alibaba. Diperkirakan situs tersebut memperoleh pendapatan fantastis hingga sekitar Rp 351 triliun.

Setelah itu popularitas Hari Jomblo Sedunia makin meningkat tak hanya di kalangan jomblo tapi juga para shopaholic. Saat ini Singles Day atau Hari Jomblo Sedunia menjadi hari belanja yang memecahkan rekor terbesar di dunia, di mana para konsumen China berbelanja berbagai macam barang dengan royal.



Simak Video "Hailey Bieber Ungkap Idap Kista Ovarium Sebesar Buah Apel"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)