ADVERTISEMENT

Bukan Matre, Ini Loh Arti Love Language 'Gift' bagi Pasangan

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Sabtu, 25 Jun 2022 10:59 WIB
Ilustrasi Hadiah untuk Pasangan Foto: Shutterstock
Jakarta -

Love language atau bahasa cinta adalah cara seseorang dalam mengungkapkan rasa cinta kepada orang lain. Tak hanya ke pasangan, tapi juga sahabat, keluarga maupun orang terdekat lainnya. Istilah ini sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Gary Chapman yang mengkategorikan 5 jenis love language, salah satunya gift giving.

Mereka dengan bahasa cinta ini paling senang kalau dihadiahi kado oleh orang terdekatnya. Sayangnya, aksi menerima dan memberi hadiah ini sering dianggap sebatas penyampaian afeksi yang terkesan materialistis. Padahal tidak begitu, lho. Mengutip Cosmopolitan, ini dia makna sebenarnya dari bahasa cinta 'gift' bagi pasangan.

Bentuk Usaha untuk Sesuatu yang Berharga

Seorang Clinical Sexologist dan Psychotherapist Kristie Overstreet menjelaskan gift giving tidak ada kaitannya dengan menjadi materialistis atau matre. Melainkan lebih kepada usaha seseorang dalam meluangkan waktu dan tenaga, demi mencari hadiah untuk seseorang yang berharga di hidupnya. Hal itulah yang membuatnya merasa dicintai.

Menurutnya, kita sebagai manusia juga tidak memilih bahasa cinta. Karena proses itu terbentuk perlahan sedari kecil.

"Love language dibangun dari penerimaan cinta sejak kecil. Dan bagaimana keterikatan emosional kita terhadap aksi tertentu," katanya.

Hadiah Tak Harus Mewah dan Mahal

Jenis love language 'gift' bukan tentang uang, tapi lebih kepada sentimen dan kepekaan. Maka hadiah yang diberikan pun nggak selalu harus barang mewah yang mahal. Karena ini bukan soal seberapa mahal harga barang tersebut, melainkan besar makna di baliknya.

Justru harga kado tidak bisa dibandingkan dengan tingkat usaha dan kepedulian kamu terhadapnya. Si dia pasti tersentuh ketika menerima hadiah yang penuh makna. Dengan begitu dia bisa selalu ingat memori kalian bersama setiap melihat hadiah itu.

"Ini tentang perhatian yang kamu berikan untuk memikirkan mereka. Hadiah adalah simbol cinta itu," tutur Dr. Overstreet.

Jadikan Sebagai Kebiasaan

Memberikan hadiah istimewa tak hanya pada momen perayaan spesial saja. Dr. Lurve yang merupakan pakar relationship mengatakan bahasa cinta harus disisipkan dalam kehidupan sehari-hari antar pasangan. Sehingga wajar apabila orang-orang dengan jenis love language ini menganggap pemberian hadiah sebagai suatu kebiasaan.

Sebagai kekasihnya, tak ada salahnya jika kamu memberikan kejutan kecil setiap minggu untuk si dia. Jika tidak ada perayaan istimewa seperti anniversary, maka cari kado yang tepat dan mewakilkan kondisi hubungan asmara kalian.

Definisi kado yang tepat ini tidak selalu sama, ya. Sebab kesukaan masing-masing orang berbeda. Kamu bisa mendalami lebih jauh lagi apa yang sedang digemari oleh pasangan. Misalnya jika si dia sedang terkena demam budaya pop Korea, coba pilih Frank & co.'s TinyTAN Special Collection sebagai hadiah istimewa. Pas banget karena perhiasan model terbaru ini mengusung model BTS character TinyTAN, yakni RM, Jin, SUGA, j-hope, Jimin, V, dan Jung Kook.

Ilustrasi Hadiah untuk PasanganFoto: dok. Frank & co.

Dalam Frank & co.'s Special Collection kali ini, ada 28 model perhiasan yang terdiri dari 7 kalung berlian, 7 gelang berlian eksklusif, 7 kalung emas kekinian, serta 7 gelang emas. Seluruh new jewellery collection ini dibuat dari emas 18K yang bersertifikasi SNI, serta menggunakan mirror finish yang memberikan pantulan emas sangat mengilap.

(fhs/eny)