'Anti Curiga Club', Begini Tips Bangun Kepercayaan saat LDR

Inkana Izatifiqa R Putri - wolipop Sabtu, 19 Feb 2022 11:05 WIB
Ilustrasi LDR Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Semua hubungan pasti memiliki masalahnya masing-masing. Apalagi kalau harus menjalani hubungan jarak jauh alias LDR. Selain komunikasi, tantangan terbesar yang dialami oleh pasangan yang sedang LDR adalah krisis rasa percaya sehingga muncul rasa curiga.

Hal ini sebetulnya wajar, mengingat kamu dan dia tidak bisa sering bertemu karena terhalang jarak dan waktu. Meski tidak mudah dijalani, namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti yang dilansir dari modern love long distance berikut. Terutama buat kamu yang masih curigaan dan susah percaya dengan pasangan.

1. Bangun Komunikasi yang Sehat

Kebanyakan pasangan LDR biasanya mengharapkan komunikasi yang intens sehari-harinya. Namun, bukan berarti kamu perlu menghabiskan berjam-jam di telepon atau mengirim 100 pesan setiap hari. Setiap pasangan tentu memiliki tingkat komunikasi yang bervariasi. Namun, sebaiknya kamu dan pasangan bisa membuat setiap komunikasi yang dijalani menjadi bermakna.

Untuk membangun komunikasi yang sehat, kamu bisa tentukan kapan dan berapa lama biasanya kalian bisa saling terhubung. Tentukan jam dan hari yang pas untuk saling menelpon. Lalu, apakah ada hari atau waktu dalam seminggu kalian akan melakukan 'kencan jarak jauh'? Semakin kamu dan pasangan satu sama lain, maka semakin baik komunikasi yang akan dibangun. Hal ini tentu akan membuat kamu lebih mempercayainya, dan merasa lebih aman dan nyaman dalam hubungan.

2. Jadikan Pasanganmu sebagai Prioritas

Setiap orang tentu punya prioritasnya masing-masing, begitu pula dengan pasanganmu. Meski LDR, kamu dan pasangan juga perlu menjadikan satu sama lain sebagai prioritas. Namun, bukan berarti kamu harus mengesampingkan prioritas lainnya. Lakukanlah obrolan tentang jadwal dan preferensi satu sama lain agar kamu dan pasangan saling mengetahui hal-hal yang menjadi prioritas. Secara umum, menjadikan satu sama lain sebagai prioritas akan sangat membantu dalam membangun kepercayaan dan komitmen untuk mempertahankan hubungan jarak jauh.

3. Saling Terbuka dan Jujur soal Perasaan

Selain komunikasi, hubungan yang baik juga harus dibangun dengan saling terbuka dan jujur satu sama lain. Ketika kamu menjalin hubungan dengan seseorang, kamu dan pasangan harus memilih untuk terbuka dan jujur, bahkan selama masa-masa sulit. Beberapa pasangan sering kali fokus untuk berbagi perasaan terbaik dan bahagia mereka. Padahal, pasangan sebenarnya juga harus siap untuk mendukung satu sama lain selama masa-masa yang kurang menyenangkan.

Mungkin kamu canggung untuk mencoba menceritakan perasaan atau masalah yang rumit ke pasangan, tetapi ini adalah hal yang perlu untuk dibicarakan. Saat kamu terbuka dan jujur dengan pasangan, itu tentu akan mendorongnya untuk terbuka dan jujur dengan kamu dan membantunya lebih memahami dan mempercayai kamu.

4. Sharing Jadwal Harian

Tinggal di kota atau negara berbeda terkadang membuat pasangan LDR kesulitan untuk mengetahui jadwal pasangan mereka. Namun, hal ini bisa disiasati dengan saling membagikan jadwal harian, mingguan, atau bulanan satu sama lain. Memberi pasangan kamu akses ke jadwal harian dapat membantu membangun kepercayaan karena menunjukkan bahwa kamu tak sedang menyembunyikan apa pun. Bukan hanya itu, pasangan juga jadi lebih mudah melihat berapa banyak kegiatan yang kamu lakukan. Menariknya, jika kamu mengetahui seluk beluk jadwalnya, kamu bisa menanyakan lebih rinci tentang kegiatannya di hari tersebut.

5. Kenali Pasangan dengan Teman dan Keluarga

Saat memasuki hubungan baru, pasangan kamu tentu perlu mulai membangun koneksi dengan orang-orang di sekitarmu, termasuk teman dan keluarga. Memperkenalkan pasangan kamu kepada mereka akan membantu memperkuat kepercayaan dalam hubungan. Sesekali, buatlah jadwal untuk mempertemukan mereka secara langsung. Atau, kamu juga bisa memperkenalkan pasangan kamu dari jarak jauh lewat telepon atau video call.

6. Kirim Kejutan Spesial

Meskipun kamu dan pasangan hidup di kota atau negara terpisah, bukan berarti kamu tak bisa melakukan hal-hal spesial. Mengirim hadiah kecil atau kartu unik melalui pos dapat menjadi sesuatu spesial bagi pasanganmu. Bahkan, hal ini juga bisa membuat mereka merasa dicintai dan dihargai. Kamu bisa buat kejutan spesial dengan memberikannya hadiah atau makanan yang ia suka.

Selain itu, kamu bisa tetap menyampaikan rasa cinta dan sayang, misalnya dengan mengirimkan kejutan spesial untuknya, se-spesial perhiasan berlian seri Kasmaran dan koleksi Lovely dari The Palace Jeweler. Dalam seri kasmaran, The Palace menggandeng maestro fesyen Indonesia, Anne Avantie yang namanya sudah terdengar di mana-mana. Seri perhiasan berlian terbaru ini menghadirkan 4 pendant berlian dengan tema penuh cinta, tapi juga sarat akan kearifan lokal.

The Palace JewelerSeri Kasmaran Foto: dok. The Palace Jeweler

Desainnya yang diambil dari motif batik kawung juga melambangkan umur panjang dan kesucian. Selain sebagai pengikat asmara, liontin berlian Kasmaran juga menjadi harapan dan doa bagi kamu dan si dia yang tengah kasmaran.

The Palace JewelerKoleksi Lovely Foto: dok. The Palace Jeweler

Selain itu, The Palace juga memiliki koleksi perhiasan emas bertatahkan berlian yaitu Lovely yang memiliki desain dan bentuk heart yang manis. Koleksi ini terdiri dari 5 pendant, 2 cincin berlian wanita berbentuk hati, serta bangle dan kalung berlian berbentuk infinity. Kamu bisa mix and match sesukanya dengan gaya sehari-hari. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk buat pasangan kamu merasa spesial dengan koleksi perhiasan ini.

(akn/eny)