ADVERTISEMENT

Mau Lanjut Hubungan? Ini yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Kencan Pertama

R Chairini Putong - wolipop Sabtu, 12 Feb 2022 14:05 WIB
Weightlifting Fairy Kim Bok Joo Ilustrasi kencan. Foto: dok. MBC
Jakarta -

Setelah kencan pertama, kita bisa merasa begitu cocok dengan seseorang dan berharap dapat bertemu kembali dengannya. Agar hubungan tetap berlanjut dan tidak terasa hambar, ini hal yang bisa kamu lakukan setelah kencan pertama.

Psikolog dan pakar hubungan, Inez Kristianti, mengingatkan bahwa tidak ada aturan saat kencan pertama. Karena itu, pihak wanita bisa membuat langkah duluan sebelum pria.

Bila merasa cocok dengan pasangan, kirimkan pesan lanjutan setelah kencan pertama. Kamu bisa memberitahu si dia bahwa kamu menikmati waktu bersama dan ingin bertemu kembali dengannya.

"Pertama, there is no rule in dating. Kadang-kadang kita dengar rules 'don't text again until three days later' atau 'women shouldn't text first'. Be our genuine self. Kalau kita memang merasa we had a good time in that date. It's okay to text 'Hi, I had a good time' atau 'I hope I can see you again'," jelas Inez Kristianti dalam talkshow virtual Tinder.

13 Film Korea Romantis Terbaik,un Ji Hyun dan Cha Tae Hyun dalam film My Sassy Girl Foto: Dok. Ist

Menurut Inez, gengsi bisa membuat hubungan redup setelah kencan pertama. Untuk itu, kita tak perlu memikirkan siapa yang harus mengirimkan pesan duluan setelah kencan pertama. Tak ada salahnya pula melakukan double text (mengirim pesan lain sebelum mendapatkan balasan).

Hal yang bisa kamu lakukan setelah kencan pertama berikutnya adalah menanyakan jadwal pasangan untuk bertemu.

Tak Berlanjut Setelah Kencan Pertama

Lebih lanjut, Inez Kristianti mengatakan bahwa kencan pertama adalah proses pengenalan sehingga tidak ada keharusan untuk melanjutkan hubungan bila merasa tak cocok. Sampaikan dengan jujur dan hindari melakukan aksi ghosting atau menghilang.

Kim Jung Hyun dan Seo Ji Hye di drama Korea Crash Landing On YouKim Jung Hyun dan Seo Ji Hye dalam drama Korea Crash Landing On You Foto: dok. tvN

"Kadang-kadang kita punya ekspektasi, 'jangan cuma satu date aja dong, lanjut dong'. Tapi balik lagi, proses kencan ini adalah proses pengenalan. Sehingga sebenarnya tidak perlu ada pressure itu harus berlanjut. Harus sampai pacaran, harus sampai menikah misalnya. Kalau misalnya nggak cocok kenapa harus dipaksakan," ujar psikolog kelahiran 1992 itu.

"Tetapi yang penting adalah tetap menjadi orang yang memperhatikan perasaan orang lain. Ketika misalnya sudah ngedate, kalau kita sudah ngobrol banyak tapi rasanya nggak mau ngelanjutin, kita harus bilang dengan jelas. Jangan ghosting, tapi lebih mengekspresikan keinginan kita secara jelas," sambung Inez.

Hal yang kamu bisa lakukan setelah kencan pertama ialah bersikap terus terang dan mengungkapkan perasaan dengan jujur, untuk menentukan kelanjutan hubungan.

(rcp/rcp)
Live Breaking News
×
Update Bom Astana Anyar
Update Bom Astana Anyar Selengkapnya