ADVERTISEMENT

e-Life

Cara Memastikan Pasangan Sudah Tobat Selingkuh

dtv - wolipop Selasa, 04 Jan 2022 17:30 WIB
Jakarta -

Rasa percaya merupakan salah satu pondasi terkuat dalam hubungan romantis. Maka, ketika pasangan pernah berkhianat, umumnya rasa percaya yang sudah dibangun akan retak.

"Karena perselingkuhan itu bukan sesuatu yang bisa dipastikan, direncanakan. Justru ini adalah hal yang tidak terduga, yang kadang kala hadir pada situasi yang tidak pernah kita perkirakan," kata Psikolog & Grafolog, Joice Manurung, di acara e-Life detikcom.

Bagi pasangan yang hubungannya pernah dilanda perselingkuhan dan ingin tetap mempertahankannya, memang perlu usaha yang tidak mudah. Salah satunya adalah memutus komunikasi pasangan dengan orang yang pernah menjadi selingkuhannya.

"Putuskan semua koneksi. Dalam bentuk apapun. Kalau dikatakan memutus hubungan itu nggak baik, dan dalam hal ini nih kan justru hubungan baiknya jadi tidak sehat, ya. Jadi arti memutuskan hubungan adalah tidak ada lagi kontak secara intens. Kontak secara frekuensi yang tinggi atau memiliki kualitas yang romantis," lanjut Joice.

Selain itu, pasangan juga bisa dikenalkan dengan lingkungan baru yang menjunjung tinggi nilai-nilai pernikahan dan hubungan. Harapannya dia bisa memahami nilai-nilai tersebut.

Tak lupa, buat lagi kesepakatan dengan pasangan mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Serta, tentukan apa-apa saja yang mungkin dianggap merugikan atau mengganggu secara emosional. Hal ini dimaksudkan agar mengurangi tendensi saling mencurigai atau saling terganggu.

Joice juga menyarankan untuk memperkuat sisi spiritual untuk menguatkan hati dalam berkomitmen.

"Nah, yang keempat, kalau buat saya, meningkatkan sisi spiritual. Ini sangat penting. Apapun bentuknya gitu, spiritual itu membantu munculnya sebuah keyakinan dan komitmen. Komitmen pada yang di atas, komitmen kepada pasangan, komitmen pada lembaga pernikahan, apapun hal-hal lain yang dianggap menjadi sebuah pegangan secara spiritual, itu boleh dipergunakan," terangnya.

(gah/gah)