e-Life

Tantangan Cinta Beda Generasi, Tua Vs muda

dtv - wolipop Selasa, 16 Nov 2021 19:00 WIB
Jakarta -

Pernikahan yang dilakukan dengan selisih usia jauh yaitu 10 tahun selalu mendapat perhatian dalam masyarakat. Tapi hal itu tidak dilarang karena setiap individu berhak memilih siapa yang akan jadi pasangannya.

Menurut Psikolog Klinis, Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, Psikolog, hubungan yang dapat di katakan beda usia adalah jika pasangan tersebut terpaut usia lebih dari 10 tahun.

"Yang disebut beda usia, dan untuk dapat dibilang beda generasi itu tuh kalau usianya selisih di atas 10 tahun. Kalau misalnya selisih usianya 0-3 tahun itu masih di anggap seumuran. Kalau beda usia 4-9 tahun itu tuh biasanya dianggapnya ada beda umur tapi tidak dianggap kayak lebih tua gitu," jelasnya di acara e-Life detikcom.

Meski demikian, menjalani hubungan dengan jarak usia yang usia jauh adalah salah satu keputusan besar. Hal ini dikarenakan memahami seseorang yang berbeda generasi dengan kita umumnya terasa lebih sulit.

"Secara umum ada beberapa perbedaan misalnya, harusnya kalau misalnya bedanya di atas 10 tahun itu apalagi kalau kita berpacaran nya itu di umur 20-an itu akan terasa banget, pasangan kita yang beda 10 tahun ini jauh lebih dewasa," ujar Rosdiana.

Namun, perbedaan kedewasaan antar generasi ini tidak akan terlalu terasa ketika keduanya sudah berada di tingkat kematangan yang setara.

"Kedewasaan ini tidak akan terlalu kerasa kalau misalnya nih kita kenal atau berpacarannya umur 30 atau 40. Karena kan tingkat kematangannya 30 sama 40 tuh sama tuh, makanya kadang-kadang ada yang misalnya bedanya 20 tahun gitu kan kalau misalnya yang lebih tua nya ini masih berjiwa muda kan ya pas di awal nggak terlalu banyak juga gap-nya gitu kan," papar Rosdiana.

(gah/gah)