e-Life

Calonku Tua, Sudah Pernah Menikah, Punya Anak Pula

dtv - wolipop Selasa, 16 Nov 2021 12:45 WIB
Jakarta -

Mengenal keluarga pasangan dengan baik adalah langkah yang harus ditempuh sebelum menjalani hubungan di jenjang pernikahan. Namun, terkadang hal ini bisa terasa lebih pelik jika jarak usia pasangan cukup jauh, sudah pernah menikah sebelumnya, dan sudah memiliki anak.

Salah satu rintangan yang kerap ditemui adalah rasa ragu dari pihak keluarga.

"Ada keraguan juga dari pihak keluarga kan, pihak keluarga si pasangan kita, pihak keluarga mantannya. Karena kan mantan itu belum tentu bercerai siapa tau saja meninggal gitu kan, 'Ini kok muda banget? Bisa nggak ya ngurusin anak?' gitu kan," kata Psikolog Klinis, Rosdiana Setyaningrum di acara e-Life detikcom.

Keberadaan anak dari pernikahan pasangan yang sebelumnya juga perlu dipertimbangkan. Kalau sudah begini, pernikahan bukan hanya urusan dua orang belaka.

"Nah si anak kalau misalnya memang pas ketemu udah gede juga pasti dia ada keraguan gitu, dan memang mau nggak mau kecurigaan ini emang sering banget ditemui. Ibaratnya gini. 'Ngapain sih lo mau sama bapak gue? Kan bapak gue udah tua, lo masih muda. Jangan-jangan mau hartanya doang?'" tutur Rosdiana.

Untuk menghadapi rintangan-rintangan tersebut, Rosdiana menyarankan untuk tetap menjadi diri sendiri dan buktikan bahwa niat pernikahan yang dijalani adalah baik. Tunjukkan motif dari pernikahan dengan perbuatan, bukan dengan ucapan saja.

"Sebagai pasangan yang lebih muda, harus buktikan bahwa bukan hartanya yang kita kejar, tapi memang kita mencintai laki-laki ini. Jadi kita berusaha untuk mendekati keluarga ini atau si anak ini gitu. Tipsnya memang just be yourself, dan memang kan cuma kita nih yang tahu nih niatnya, kalau emang kita mau mencintai si suami kita ini," jelas Rosdiana.

(gah/gah)